120 Peserta Berlaga di Kejuaraan Pencak Silat, Ini Harapan Sekda Ratu Dewa

Sekda Kota Palembang Ratu Dewa, memukul gong tanda dibukanya kejuaran pencak silat Kota Palembang, Jum'at (27/1/2023)/sriwijayamedia.com-jay

Sriwijayamedia.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) optimistis Palembang bisa memiliki para calon atlet terbaik dalam meraih kejuaran dipekan Porkot dan Porprov mendatang.

Hal itu disampaikan Sekda Kota Palembang Ratu Dewa, usai pembukaan kejuaran pencak silat Kota Palembang, Jum’at (27/1/2023).

Bacaan Lainnya

Menurut Sekda, ada sekitar 120 peserta dari 20 perguruan pencak silat yang mengikuti kompetensi ini.

“Seni beladiri pencak silat sudah dikenal secara luas di Indonesia, bahkan di Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, dan Thailand sesuai penyebaran suku bangsa melayu nusantara,” tutur Sekda.

Sekda melanjutkan olahraga pencak silat merupakan jenis olahraga yang sarat makna.

Selain membentuk jasmani yang sehat, banyak nilai-nilai positif diperoleh jika menekuni olahraga ini, diantaranya membentuk nilai mentalitas kuat, sportivitas, keberanian, memiliki rasa percaya diri tinggi, saling menghormati satu sama lain serta dapat membentuk karakter bela negara.

Melalui kejuaraan ini, Sekda berharap bukan hanya sekedar untuk meraih prestasi, namun nantinya dapat memberikan kontribusi terbaik dalam mengangkat olahraga pencak silat di Kota Palembang.

“Kegiatan ini merupakan salah satu dari bentuk perwujudan dari misi ke-5 Palembang Emas Darussalam yakni menjadikan Palembang Kota Pariwisata Sungai dan Budaya serta event Olahraga kelas dunia yang harmoni antara kehidupan manusia dan alam,” paparnya.

Sekda pun berharap agar pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Palembang dapat mengembalikan kejayaan pencak silat di Kota Palembang, Sumsel. Sehingga melahirkan atlet-atlet yang berprestasi sampai ke forum internasional seperti Jeni Kause, Puspa Arum Sari, Aji Bangkit Pamungkas, dan Syarif Hidayatullah.(jay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *