Luar Biasa, STIHPADA Raih Akreditasi UNGGUL dari BAN PT

Ketua STIHPADA Palembang Assoc Prof Dr Firman Freaddy Busroh, SH., M.Hum., CTL.,/sriwijayamedia.com-ton

Sriwijayamedia.com- Luar biasa. Dua kata tersebut patut disematkan kepada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda (STIHPADA) Palembang.

Pasalnya, PTS STIHPADA Palembang yang dimotori almarhum Prof H Abu Daud Busroh, SH., pada tahun 1994 itu berhasil meraih akreditasi UNGGUL dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah pada 6 Juni 2024 lalu hasil visitasi asessment dari BAN PT menyatakan STIHPADA mendapat akreditasi UNGGUL. Kita (STIHPADA) naik peringkat dari akreditasi BAIK SEKALI pada tahun 2023 menjadi UNGGUL. Akreditasi UNGGUL ini untuk S1, S2, dan Institusi,” kata Ketua STIHPADA Palembang Assoc Prof Dr Firman Freaddy Busroh, SH., M.Hum., CTL., saat ditemui di ruang kerjanya, Jum’at (21/6/2024).

Menurut dia, raihan akreditasi UNGGUL ini adalah akreditasi terbaru yang mengacu pada 9 instrumen hukum. Yakni visi misi, SDM, kurikulum, kegiatan mahasiswa, prestasi, kegiatan Internasional, publikasi Internasional.

Untuk memuluskan langkahnya menuju ke akreditasi UNGGUL, pihaknya mengklaim telah 4 tahun terakhir menyiapkan segala sesuatunya.

Seperti Internasional Conference, Student Exchange, Internasional Publication, dan sebagainya.

Selain itu, pihaknya terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), dengan menyekolahkan dosen S2 ke jenjang S3.

“Alhamdulillah saat ini kita telah memiliki 18 Doktor Hukum, dan 2 lagi sedang disekolahkan. Banyak sekali program reward yang kami berikan ke dosen serta tenaga pendidikan (tendik) yaitu seperti mengumrohkan gratis, hingga reward kenaikan pangkat,” ungkap Assooc Dr H Firman Freaddy Busroh.

Dia melanjutkan semua program yang disiapkan itu mendapat respon positif dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (L2DIKTI) Wilayah II.

Dia mengaku akreditasi itu sangat penting, karena sebagai refleksi dan monitoring kualitas penjaminan mutu dari sebuah Perguruan Tinggi (PT).

Selain itu, manfaat akreditasi UNGGUL sangat berguna bagi alumni ketika mencari pekerjaan atau mengikuti seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Akreditasi UNGGUL yang diraih STIHPADA Palembang merupakan satu-satunya Akreditasi Program Studi Ilmu Hukum di Sumsel, menyisihkan 48 Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) se Indonesia,” jelasnya.

Kedepan, STIHPADA Palembang akan terus mengembangkan kerja sama di bidang penelitian maupun dalam pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi serta akan meningkatkan kualitas dosen-dosen, baik di jenjang pendidikan maupun jenjang kepangkatan.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *