Groundbreaking Proyek Restorasi Sungai Lambidaro Dimulai, Ini Disampaikan Kepala BBWSS VIII

IMG_20210505_170930

Palembang, Sriwijaya Media – Walikota Palembang menghadiri kegiatan groundbreaking proyek restorasi Sungai Sekanak Lambidaro bersama Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI).

Groundbreaking ini dihadiri oleh Walikota Palembang H Harnojoyo, Kepala BBWSS VIII Ir Birendrajana, MT., Kepala Dinas PUPR dan Tata Ruang kota Palembang H Ahmad Bastari, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman (PRKP) Affan Prapanca Hambali, dan undangan lainnya, di halaman Kantor Perum Perumnas Kelurahan 26 Ilir Palembang, Rabu (5/5/2022).

Bacaan Lainnya

Dikatakan Kepala BBWSS VIII Ir Birendrajana, kegiatan pengendalian banjir untuk Sungai Lambidaro Sekanak ini sebenarnya sudah cukup lama diusulkan.

Tahun lalu sebenarnya ada dananya, namun karena ada recofusing terpaksa ditunda.

“Alhamdulillah tahun ini kita bisa mengalokasikan dana, dimana kontrak kita ini sebenarnya sudah ditandatangani pada 1 February 2021, dan mulai kerjanya pada 10 February, Maret, dan April atau sekitar 2 bulan. Waktu pelaksanaannya nanti sampai tahun 2021,” ujarnya.

Dia melanjutkan sebagai penyedia jasa adalah Bukit Cahaya KSO dan konsultan supervisi PT Zora Bintang.

Dia mengaku ditahun 2021 ini pihaknya akan melaksanakan pembangunan dimulai dari Jembatan Karang ke jembatan satunya itu sekitar 350 meter.

Jembatan ini ke jembatan berikutnya sekitar 150 meter sehingga secara total ada sekitar 500 meter yang bisa dilaksanakan.

Dia melanjutkan pihaknya akan tetap melaksanakan kegiatan pengendalian banjir ini ditahun 2022 kedepan. Kalau dilihat fungsinya, sungai fungsi utamanya adalah sebagai sumber air, dan penyalur banjir.

“Kalau sebagai penyalur banjir, saya fikir oke kita bisa normalisasi, namun sebagai sumber air, tampaknya kualitas airnya sangat perlu di perbaiki,” katanya.

Sementara itu, Walikota Palembang H Harnojoyo mengaku masyarakat Kota Palembang patut bersyukur karena adanya pembangunan ini.

“Mudah-mudahan impian kita segera terwujud, dimana nanti Sekanak Lambidaro ini menjadi destinasi yang bukan hanya dari Kota Palembang, bahkan hingga mancanegara, dan sekaligus bermanfaat menggerakkan roda perekonomian,” bebernya.

Lanjutnya, kepada semua pihak untuk mendukung pembangunan ini dan berharap jangan sampai apa yang telah dibangun oleh pemerintah justru masyarakat tidak peduli.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *