Percepat Layanan Kependudukan, Pasangan Pengantin Baru di OKI "Terima 3 In 1"

IMG_20210127_142913

Kayuagung, Sriwijaya Media-Pasangan muda yang baru menikah di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) patut berbangga hati. Pasalnya, pasangan muda langsung mendapatkan hadiah paket 3 in 1 dokumen kependudukan.

Tak hanya surat nikah, pasangan pengantin baru di OKI bakal mendapat dokumen administrasi kependudukan berupa Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan status baru.

Bacaan Lainnya

“Program ini merupakan akselerasi dari Disdukcapil OKI bekerjasama dengan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten OKI untuk percepatan layanan administrasi kependudukan yang merupakan inovasi instansi terkait,” kata Bupati OKI H Iskandar, SE., melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda OKI, H Antonius Leonardo, M.Si., Rabu (27/1/2021).

Inovasi tersebut, kata Anton, sebagai upaya Pemkab OKI untuk terus mendorong peningkatan seluruh pelayanan publik di Kabupaten OKI.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil OKI Hendri menyebutkan, program ini merupakan pemberian dokumen secara terintegrasi dengan Kemenag, dalam hal ini KUA.

“Bagi pasangan muda yang menikah, Disdukcapil dan KUA langsung memberikan 3 dokumen, berupa surat nikah, KTP suami istri dengan status baru, dan KK,” tuturnya.

Program ini, lanjut dia, untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan.

“Tak perlu mengurus dokumen kependudukan lagi setelah menikah. Sebab semua akan terlayani secara otomatis,” terangnya.

Terpisah, Kepala Kemenag OKI Akhmad Syukri mengapresiasi terobosan integrasi data kependudukan dan catatan pernikahan.

Menurut dia, jika sebelumnya pasangan yang baru melaksanakan pernikahan, status di KK atau di KTP belum berubah. Namun, melalui program ini nantinya kedua mempelai akan langsung mendapatkan KTP dan KK dengan status menikah.

“Di KUA status mereka sudah berubah dari lajang ke menikah, beristri atau bersuami,” jelasnya.

Diketahui, selain Kantor Kemenag, Pemkab OKI juga bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten OKI dalam penerbitan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi warga OKI yang melahirkan dengan pertolongan bidan.

Bukan itu saja, PT Pos Indonesia akan melakukan pengantaran dokumen kependudukan di tempat serta menjalin kerjasama dengan pengelola kolam renang Griya Tirta Kayuagung berupa diskon bagi pengunjung anak-anak yang telah memiliki KIA.(jay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *