Antisipasi Fenomena La Nina, Pemkot Apel Siaga Banjir

IMG_20211228_141214

Palembang, Sriwijaya Media – Guna mengantisipasi terjadinya banjir susulan sebagai akibat intensitas curah hujan tinggi disebabkan fenomenal La Nina, Pemkot Palembang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palembang menginisiasi apel siaga banjir, dihalaman kantor dinas setempat, Selasa (28/12/2021).

Apel siaga sebagai salah satu respon cepat akan dampak La Nina ini langsung dipimpin Walikota (Wako) Palembang H Harnojoyo didampingi Kapolrestabes Palembang Kombes Irvan Prawira Satyaputra, S.Ik., Kasdim 0418 Palembang Letkol Inf M Dasam, S.Ag., Sekretaris Daerah (Sekda) Palembang Ratu Dewa.

Bacaan Lainnya

Wako Palembang H Harnojoyo mengatakan dipenghujung tahun ini curah hujan yang melanda Kota Palembang cukup tinggi, terlebih hujan ekstrim terjadi pada Sabtu (25/12/2021) malam.

“Hujan yang terjadi Sabtu lalu paling tinggi dalam 31 tahun terakhir,” kata Harnojoyo.

Berdasar rilis dari BMKG, kata orang nomor satu di kota tertua di Indonesia ini, curah hujan yang terjadi kemarin lalu, tercatat sebesar 159,7 mm.

“Ini karena aktifnya fenomenal La Nina, dan terjadi curah hujan tinggi yang langsung menyebabkan genangan disejumlah titik kota capai 1,5 meter, termasuk daerah yang tidak terjadi genangan selama ini,” tutur Waki.

Harno mengimbau petugas lebih sigap dan siaga dalam mengantisipasi terjadinya curah hujan tinggi. Terlebih pada titik titik kawasan yang berpotensi banjir.

Saat banjir terjadinya, dirinya langsung melakukan pengecekan pompanisasi di kawasan Sungai Bendung, dan diketahui dari enam pompanisasi hanya dua pompa yang bekerja maksimal.

“Saya harapkan adanya rekonstruksi terhadap sistem pompanisasi,” tegasnya.

Mengantisipasi terjadinya genangan air, perlu adanya peningkatan fungsi saluran air, terutama gorong gorong. Bahkan pihaknya akan melakukan pendekatan lebih intensif kepada masyarakat terkait sosialisasi akan pentingnya menjaga lingkungan dan meningkatkan gotong royong.

“Tak kalah pentingnya menertibkan bangunan yang menyalahi peruntukan menutupi saluran air. Kita juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk aktif mewaspadai cuaca ekstrim ini,” ajaknya.(jay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *