Ketua DPR : Pemilu Berkualitas Dilihat dari Kebebasan Rakyat dalam Memilih Tanpa Rasa Takut

Ketua DPR RI Puan Maharani, dalam pidatonya di Sidang Bersama DPR-DPD, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jum'at (16/8/2024)/sriwijayamedia.com-adjie

Sriwijayamedia.com – Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, Pemilu yang berkualitas bukan hanya dilihat dari banyaknya partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilih, melainkan juga dilihat dari kebabasan masyarakat ketika memilih.

“Pemilu yang berkualitas tidak dapat hanya dilihat dari partisipasi rakyat dalam memilih. Akan tetapi harus dilihat dan dinilai juga dari kebebasan rakyat untuk memilih, yaitu apakah rakyat dapat memilih dengan bebas, jujur, adil, tanpa paksaan, tanpa dikendalikan, dan tanpa rasa takut,” kata Puan, dalam pidatonya di Sidang Bersama DPR-DPD, di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jum’at (16/8/2024).

Bacaan Lainnya

Puan menegaskan, seluruh elemen pemangku kepentingan memiliki tanggung jawab bersama untuk menjaga dan menciptakan demokrasi yang berkualitas, semakin maju, beradab dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Menang kalah selalu ada dalam pemilu, kita dituntut untuk memiliki etika politik siap kalah dan siap menang. Siap bertanding, siap juga untuk bersanding. Etika politik yang sama juga menuntut pemilu dilaksanakan dengan memberikan kebebasan kepada rakyat untuk menjalankan kedaulatannya. Dalam Pemilu, seharusnya rakyatlah yang jadi pemenang. Sehingga berlaku adagium: ‘Suara rakyat adalah suara Tuhan’ (Vox Populi, Vox Dei),” jelasnya.

Puan Maharani mengatakan, hakekat demokrasi adalah untuk memberi jalan agar kekuasaan mendapatkan legitimasinya. Sehingga kekuasaan dapat digunakan untuk mengatur bangsa dan negara bagi memberikan rakyatnya hidup sejahtera dalam harkat dan martabatnya.

“Akan tetapi, demokrasi dapat juga berjalan pada arah yang salah, yaitu demokrasi yang tidak menjalankan kedaulatan rakyat,” imbuhnya.

Dalam Sidang Bersama DPR-DPD tersebut, hadir Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Mar’uf Amin. Selain itu hadir pula para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, para Ketua Umum partai politik, para mantan wakil presiden. Para pimpinan lembaga tinggi negara dan tamu undangan lainnya. (adjie)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *