Unsri Terima 2.510 Mahasiswa Baru Jalur USMB, Ini Tahapan Selanjutnya

Ketua Panitia jalur USMB Unsri Prof Ir Zainuddin Nawawi, Ph.D/sriwijayamedia.com-ton

Sriwijayamedia.com – Universitas Sriwijaya (Unsri) mengklaim menerima 2.510 mahasiswa baru jalur Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB).

“Peserta USMB tahun 2023 yang dinyatakan lulus seleksi di program studi (prodi) Unsri yang tercantum dalam Pengumuman No: 490/PAN-USMB/2023 tanggal 10 Juli 2023 yang diumumkan melalui laman web https://usmb.unsri.ac.id.,” kata Ketua Panitia jalur USMB Unsri Prof Ir Zainuddin Nawawi, Ph.D., Senin (10/7/2023).

Bacaan Lainnya

Menurut dia, bagi peserta yang dinyatakan lulus harus melaksanakan dan memenuhi ketentuan sebagai berikut pertama, calon mahasiswa mengunjungi laman web http://reg.unsri.ac.id, mengunduh serta mencetak lembar tagihan Uang Kuliah Tunggal (UKT) semester pertama yang telah tersedia untuk masing-masing calon mahasiswa.

Untuk memulai mengunduh dengan memasukkan Nomor Peserta dan Tanggal Lahir masing-masing, kemudian klik tombol “Unduh Lembar Tagihan UKT” pada sisi kiri bagian bawah.

Kedua mengisi biodata dan data lainnya secara daring (online) dengan lengkap berikut mengunggah dokumen/foto pada laman web http://reg.unsri.ac.id mulai tanggal 10-15 Juli 2023 pukul 15.00 WIB.

Untuk memulai pengisian biodata dengan memasukkan nomor peserta dan tanggal lahir masing-masing, kemudian klik tombol “Formulir Pengisian Biodata” pada di tengah bagian bawah. Kemudian pastikan foto saudara sudah benar dan sempurna, bagi yang fotonya tidak sempurna agar melakukan unggah ulang.

“Pengisian biodata dapat dilakukan tanpa harus membayar UKT terlebih dahulu,” urainya.

Ketiga melakukan pembayaran UKT Semester ke 1 sebesar nilai yang sudah ditetapkan. Setelah itu pembayaran dapat dilakukan pada bank mitra Universitas Sriwijaya yaitu Bank BNI, Bank Sumsel Babel, Bank Mandiri, Bank BRI dan Bank BSI mulai 10 – 15 Juli 2023.

Petunjuk mengenai tata cara pembayaran dapat dilihat lembar yang saudara cetak. Cara pembayaran pada bank mitra dengan mekanisme host-to-host, tidak diperkenankan menggunakan metode transfer atau manual lainnya yang dapat merugikan saudara sendiri.

“Pembayaran via teller Bank cukup dengan membawa print out lembar tagihan UKT yang telah diunduh sesuai poin 1 yang memuat informasi nama dan nomor peserta USMB calon mahasiswa serta besaran nilai UKT yang harus dibayarkan (UKT yang sudah disetor tidak bisa ditarik kembali),” paparnya.

Dia melanjutkan, calon mahasiswa yang akan melakukan pembayaran via teller bank agar memperhatikan waktu operasi bank.

Bagi calon mahasiswa yang tidak melakukan pembayaran UKT sampai batas waktu yang telah ditentukan maka dianggap mengundurkan diri.

Calon mahasiswa yang telah selesai dan lengkap melakukan pengisian biodata/data lainnya sebagaimana yang dimaksud pada poin 2, mencetak hasil pengisian biodata. Kemudian mengisikan dan menandatangani dokumen yang perlu diisi dan ditandatangani.

“Dokumen yang sudah diisi dan ditandatangani dipindai (scan) untuk selanjutnya akan diunggah kembali saat melakukan registrasi. Dokumen yang dicetak adalah sebagai berikut kartu induk data calon mahasiswa baru, surat pernyataan mahasiswa (Form SPM-BAK-01),” imbuhnya.

Selain itu juga, surat pernyataan mahasiswa (Form SPM-BAK-02), surat pernyataan orang tua/wali mahasiswa (SPM-BAK-03), form tanda pengambilan jaket almamater (Form TPJ-BAK-03), form check list Mahasiswa Baru (Form CLM-BAK-04), form data calon mahasiswa baru (Form DCM-BAK-05), surat pernyataan kebenaran dokumen (Form SPK-BAK-06), dan pencetakan dimulai 10 – 14 Juli 2022 pukul 15.00 WIB.

Seluruh calon mahasiswa wajib datang sendiri untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes bebas narkoba di UPT Klinik Kesehatan Unsri Indralaya dengan membawa kartu tanda peserta dan bukti pembayaran UKT sesuai jadwal berikut.

“Setelah melakukan pembayaran UKT, calon mahasiswa kembali login ke laman web http://reg.unsri.ac.id untuk melakukan registrasi ulang untuk mendapatkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) dengan mengikuti langkah-langkah dan tahapan yang disebutkan pada poin 7 dibawah,” bebernya.

Ketujuh adalah melakukan registrasi ulang dengan mengikuti tahapan yang diminta ada pada laman web dan tidak terbatas pada mengunggah seluruh dokumen yang telah diunduh sesuai poin 4 di atas yang telah diisi dan
ditandatangani termasuk surat pernyataan dan lainnya.

Mengunggah bukti pembayaran UKT, mengunggah ijazah atau surat keterangan lulus (SKL) bagi yang belum terbit ijazahnya. Mengunggah dokumen hasil pemeriksaan kesehatan dan tes bebas narkoba dari UPT Klinik
Kesehatan Unsri.

“Masa pengunggahan dokumen seperti yang disebutkan dalam pengumuman ini mulai 11 – 15 Juli 2023 pukul 14.00 WIB. Kegiatan mahasiswa baru dimulai setelah penerimaan resmi oleh Rektor dan kegiatan program Pengenalan Kehidupan Kampus (PK2) akan diinformasikan lebih lanjut melalui laman web www.unsri.ac.id dan http://reg.unsri.ac.id,” jelasnya.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *