Dinkes Lahat Raih Capaian IBL dan Imunisasi T2+ Bumil Tertinggi Tingkat Nasional

Kepala Dinkes Lahat Taufiq Maryansa Putra, SKM., MM., saat zoom meeting bersama Kemenkes/sriwijayamedia.com-sisil

Sriwijayamedia.com- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lahat mendapatkan capaian Imunisasi Baduta Lengkap (IBL) dan imunisasi T2+ bumil tertinggi tingkat nasional dalam evaluasi nasional yaitu 34,42 persen serta termasuk 10 besar kabupaten capaian Imunisasi Dasar lengkap (IDL) tingkat nasional pada evaluasi imunisasi oleh Kemenkes.

Khusus Sumsel, ada 4 kabupaten yang meraih capaian tertinggi yakni Lahat, Lubuk Linggau, Muba, dan Mura.

“Ini berkat dukungan dari Bapak Pj Bupati Lahat Muhamad Farid, S.STP., M.Si., yang terus memacu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di seluruh sektor kesehatan. Termasuk imunisasi untuk meningkatkan kekebalan imunitas tubuh terhadap penyakit tertentu (Hepatitis, TB, Dipteri, Pertusia, Polio atau lumpuh layu serta campak),” kata Kepala Dinkes Lahat Taufiq Maryansa Putra, SKM., MM., didampingi Kabid P2P Dinkes Lahat Aiwa Marlina, SKM., MM., Senin (6/5/2024).

Menurut dia, IDL diberikan umur d bawah 1 thn yaitu imunisasi HB0, BCG, DPT 3 dosis, polio 4 dosis, dan MR (campak)

Sedangkan IBL adalah imunisasi Dasar ditambah DPT-HB-Hib serta campak usia 18 bulan serta T2 bumil untuk imunisasi tetanus pada ibu hamil.

“Dengan pelaksanaan dan capaian imunisasi tercapai dengan baik dapat meningkatkan kesehatan pada ibu hamil, bayi dan balita sehingga dapat mencegah stunting dan pengendalian penyakit PD3i (penyakit yang dapat d cegah dengan imunisasi),” jelasnya.

Dia menyebut prestasi yang dicapai ini berkat kerja bersama dan sinergi semua elemen yang ada di masyarakat, puskesmas dan jaringannya, seperti klinik, serta lintas sektor.(sisil)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *