Adakan Apel Satlinmas, Ini Arahan Pj Wako Ratu Dewa

Pj Wako Palembang Ratu Dewa mengecek kesiapan perugas dalam apel Satlinmas Kota Palembang, di Pelataran BKB, Selasa (6/2/2024)/sriwijayamedia.com-cha

Sriwijayamedia.com- Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang menggelar apel Siaga Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Kota Palembang di Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Selasa (6/2/2024).

Hal ini dilakukan sebagai bentuk keseriusan dan tanggung jawab bersama dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta kelancaran penyelenggaraan Pemilu yang sebentar lagi berlangsung.

Bacaan Lainnya

Pj Wali Kota (Wako) Palembang Ratu Dewa terus berupaya meningkatkan kinerja dari Satlinmas. Salah satunya melalui peningkatan biaya operasional yang rencananya lebih dari 100 persen ada kenaikan honor, dari yang sebelumnya Rp50 ribu menjadi Rp125 ribu.

“Ketika bertugas, Satlinmas diharapkan bisa bersinergi dengan TNI-Polri di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS),” terangnya.

Ratu Dewa menjelaskan, apel ini merupakan salah satu upaya untuk memastikan bahwa semua pihak terlibat dalam Pemilu ini dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

“Kita akan memperkuat koordinasi antara aparat keamanan, pemerintah daerah, serta seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye, pemungutan suara, dan penghitungan suara,” ujarnya.

Selanjutnya melakukan peningkatan pengawasan terhadap potensi konflik atau gangguan keamanan yang dapat mengganggu kelancaran pemilihan.

“Saat ini sudah terbentuk Satlinmas TPS sebanyak 9.554 orang yang tersebar di 4.777 TPS. 9.554 orang ini termasuk juga Satlinmas yang bertugas TPS khusus yang berjumlah 11 TPS,” papar Ratu Dewa.

Sedangkan untuk komposisi Satlinmas Kota Palembang sesuai Keputusan Wako Palembang No.33/KPTS/PP/2023 tentang Satlinmas Kota Palembang berjumlah 2.083 orang.

Satgas dan Satlinmas binaan di wilayah Kota Palembang pada tahun 2024 saat ini sudah memakai pakaian tugas yang baru sesuai dengan Permendagri No 11/2023 difasilitasi oleh Pemkot Palembang.

Selain itu, juga akan diberikan atribut berupa topi dan ban lengan kepada 7.949 Satlinmas di luar Satlinmas binaan yang akan bertugas di TPS.

“Saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk turut serta dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan ini. Mari kita jaga persatuan dan kesatuan, serta tetap menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan kebhinekaan dalam setiap langkah kita menjelang, selama, dan pasca pemilihan,” jelasnya.(cha)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *