Pasca Kebakaran, Pedagang Pasar Cinde Terima Bantuan Modal dari Gubernur Sumsel

Usai menerima bantuan modal, pedagang dan Disdag Sumsel berfoto bersama, di halaman Kantor Disdak Sumsel, Kamis (22/12/2022)/sriwijayamedia.com-ton

Sriwijayamedia.com – Pasca kebakaran melanda Pasar Cinde Palembang beberapa pekan lalu, kini korban kebakaran sekaligus pedagang Pasar Cinde menerima bantuan modal dari Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Tercatat ada sebanyak 31 pedagang yang berhak menerim bantuan modal, mulai dari Rp6 juta sampai Rp33 juta, dengan total hingga Rp391 juta.

Bacaan Lainnya

“Para pedagang mendapat bantuan modal sekitar 60 persen dari kerugian akibat kebakaran,” kata Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Provinsi Sumsel Ahmad Rizali, usai menyerahkan bantuan modal, di halaman Kantor Disdak Sumsel, Kamis (22/12/2022).

Khusus untuk pembangunan lapak pedagang, kata dia, akan dibangun sementara oleh Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Provinsi Sumsel.

“Pedagang tidak direlokasi, tapi mereka bisa berdagang dan dibuatkan tempat sementara,” terangnya. 

Sementara itu, Ketua DPW Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Sumsel Muhammad Arris Alkautsar, SE., menambahkan saat ini pihaknya fokus memperbaiki sementara lapak pedagang agar mereka bisa berdagang kembali.

“Ada sekitar 31 pedagang yang terdampak kebakaran. Mulai dari pedagang sembako, kue kering dan lainnya,” imbuhnya.

Dia mendukung penuh program yang dikeluarkan Gubernur Sumsel H Herman Deru yakni memperbaiki secara permanen Pasar Cinde agar pedagang dan pembeli menjadi lebih nyaman.

Ditempat sama, Ema Nungcik (77),salah satu pedagang Pasar Cinde, mengatakan bahwa dirinya telah berdagang di Pasar Cindek sudah 35 tahun.

“Saya sangat bersyukur mendapat bantuan modal dari pemerintah. Tanpa bantuan dari pemerintah, bagaimana nasib saya kedepan. Karena beberapa minggu saya tidak bisa menghasilkan uang karena dagangan habis terbakar,” jelasnya.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *