Raker Bersama Ketua DPD RI, Gubernur Deru Paparkan Tiga Program Prioritas Sumsel

IMG_20200921_200358

Palembang, Sriwijaya Media-Gubernur Sumsel H Herman Deru menggelar rapat kerja (Raker) bersama Ketua DPD RI La Nyala Mahmud Mattalitti, Wakil Ketua DPD RI Sultan B Najamudin beserta anggota DPD RI di Griya Agung Palembang, Senin (21/9/2020).

Kedatangan Ketua DPD RI beserta anggotanya ini dalam rangka melakukan penyerapan aspirasi masyarakat daerah sekaligus pengawasan, termasuk dalam rangka di masa pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19.

Bacaan Lainnya

Selain itu mereka juga bermaksud mengetahui kemajuan pembangunan daerah melalui kegiatan ekonomi dan investasi Provinsi Sumsel.

Gubernur Herman Deru mengaku sangat bangga atas kehadiran dari Ketua DPD RI, Wakil Ketua DPD RI beserta Ketua Komite, karena ini merupakan angin segar bagi Sumsel.

“Saya bangga semua lengkap disini, ini merupakan komitmen DPD RI yang langsung turun ke lapangan. Tentunya ini menjadi angin segar bagi kita. Artinya DPD RI bukan tempat untuk bertanya serta menyampaikan aspirasi, tapi DPD RI juga ikut menyelesaikan masalah,” ucap Gubernur.

Gubernur Deru mengatakan dimasa pandemi Covid-19 Provinsi Sumel telah merefocusing anggaran dengan sesuai kondisi daerah sehingga pembangunan masih tetap berjalan.

“Kita merecofusing dengan melihat kondisi daerah sehingga pembangunan tetap berjalan. Saya juga selalu berdiskusi dengan DPRD Sumsel dan alhamdulilah dimasa refocusing ini setiap pembangunan tidak ada yang terlambat,” kata Deru.

Ada beberapa program prioritas selama masa kepemimpinannya selama dua tahun bersama Wakil Gubernur Mawardi Yahya. Adapun tiga program prioritas yang telah dilakukannya yakni infrastruktur jalan, peningkatan bidang pertanian serta peningkatan pertumbuhan ekonomi di masa pandemi covid-19.

“Selama 2 tahun ini dalam kepemimpinan saya bersama pak Wagub masih konsen pada pembangunan infrastruktur yang merata sampai ke pelosok desa, juga peningkatan pertanian dan menggerakan perekonomian,” terang Deru.

Selain pembangunan infrasturuktur, pertumbuhan ataupun pemulihan ekonomi juga menjadi fokus diantaranya bidang pertanian, perkebunan serta UMKM.

“Kita termasuk yang paling tinggi di Pulau Sumatera. Pemulihan ekonomi yang saat ini adalah memberdayakan UMKM, tidak hanya diberi permodalan, tapi keterampilan termasuk pemasaran. Bahkan saya sampai disebut Gubernur endorse. Hal ini juga salah satu mempertahakan ekonomi melalui UMKM,” jelas Gubernur.

Sementara itu, Ketua DPD RI La Nyala Mahmud Mattalitti mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumsel yang telah menggelar rapat kerja ini.

Dia menjelaskan bahwa dalam hubungan pusat dan daerah, DPD RI untuk memediasi dan memfasilitasi antara pemerintah pusat dan daerah, baik terkait otonomi daerah, pengelolaan sumber daya alam dan ekonomi maupun pertimbangan keuangan antara pusat dan daerah.

“DPD RI juga mendengar aspirasi dari stakeholder daerah termasuk dunia usaha dan industri karena tujuan sebagai wakil daerah adalah menjadikan daerah sebagai kekuatan ekonomi. Saat ini, kita juga sedang mengusulkan rancangan Undang-undang penanaman modal di daerah,” pungkasnya.(Ocha)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *