Politeknik Negeri Pariwisata Palembang Evaluasi SBM Kemenparekraf

IMG_20200828_154755

Palembang, Sriwijaya Media-Politeknik Negeri Pariwisata (Poltekpar) Palembang melakukan evaluasi Seleksi Bersama Masuk (SBM) tahun 2020 dan penyusunan strategi komunikasi Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) dibawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, di Hotel Arya Duta Ballroom III, Jum’at (27/8/2020).

“Dengan mengambil tema SBM PTNP dibawah Kemenparekraf diharap dapat menjadi sebuah salah satu perguruan tinggi negeri yang diminati,” ujar Direktur Poltekpar Palembang, Zulkipli Harahap.

Bacaan Lainnya

Disini, kata dia, pihaknya berupaya memformulasikan strategi komunikasi sehingga masing-masing PTNP memiliki ciri khas.

Misalnya di Palembang memiliki ciri pengembangan olahraga. Medan lebih memfokuskan pada pengembangan giopar. Sementara Bali memfokuskan pada pengembangan wisata budaya, Bandung memfokuskan pada pengembangan kuliner, Makasar fokus pada pengembangan merin, dab Lombok fokus pada pengembangan wisata halal.

“Ini harus kita upayakan agar PTNP memiliki komunikasi tepat. Karena akan ada cluster lokal, nasional dan regional,” ucapnya.

Dia juga melanjutkan, PTNP Palembang lebih dari 323 dari kuota 300 setiap tahun. Peminat PTPN terus bertambah. Di tahun 2016 peminatnya 200 orang, 2017 sebanyak 400 orang, tahun 2018 peminatnya sekitar 600 orang, tahun 2019 peminatnya hampir 1.000 orang.

Sementara itu, Asisten III bidang Administrasi dan Umum Pemprov Sumsel, Edwar Juliartha menambahkan pihaknya mengharapkan Poltekpar Palembang dapat meningkatkan promosinya sehingga menarik minat masyarakat untuk menimba ilmunya di Poltekpar Palembang.

“Poltekpar kiprahnya sangat luar biasa. Akreditasi Poltekpar juga sudah B,” terangnya.

Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf Agustini Rahayu, menambahkan masalah komunikasi sangat penting untuk menarik orang supaya tertarik. Ilmu komunikasi merupakan dasar dari ilmu pariwisata.

“Kemampuan komunikasi menjadi kunci utama keberhasilan,” katanya.(ocha/ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *