OKU Tuan Rumah Bimtek Pengawasan Tahapan Pilkada se Sumsel

Baturaja, Sriwijaya Media – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menjadi tuan rumah kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengawasan tahapan pencalonan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 Provinsi Sumsel. Kegiatan yang dipusatkan di Ruang Rapat Hotel BIL Baturaja pada 13-15 Februari 2020 ini dibuka langsung Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel Iin Irwanto, Kamis (13/2/2020).

Disela-sela sambutanya, dihadapan Ketua dan Pimpunan Bawaslu Sumsel serta peserta Bimtek yakni komisioner dan staf Bawaslu kabupaten dan kota se Sumsel yang melaksanakan Pilkada serentak 2020, Ketua Bawaslu OKU Dewantara Jaya mengucapkan selamat datang di Baturaja Kabupaten OKU.

Bacaan Lainnya

“OKU menjadi tuan rumah pada pelaksanaan bimtek kali ini. Tentunya kami sebagai tuan rumah merasa sangat bangga. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih dan selamat datang di Kabupaten OKU,” kata Dewantara.

Ketua Bawaslu Sumsel, Iin Irwanto pada kesempatan tersebut memberikan arahan kepada Kordiv Pengawasan, kabupaten penyelenggara Pilkada beserta staf yang hadir.

Iin menekankan pentingnya petugas pengawas untuk terjun ke lapangan guna memetakan potensi-potensi kerawanan, khususnya dalam tahapan pencalonan sehingga dapat lebih responsif dalam mengantisipasi kemungkinan kemungkinan pelanggaran terjadi.

“Pengawas pemilihan harus memiliki kemampuan yang mumpuni dalam hal pengawasan dan juga harus selalu siap, tepat dan tegas. Pastinya mengedepankan kejujuran dan integritas sehingga peran serta jajaran pengawas pemilu dapat semakin dipercaya oleh masyarakat,” terang Iin.

Untuk menghasilkan pengawasan yang berkualitas, lanjut Iin, peran jajaran sekretariat juga tidak kalah pentingnya. Koordinator sekretariat bawaslu kabupaten, sebagai leader dalam hal kesekretariatan harus mampu member support kegiatan komisioner. Dengan tujuan semua agenda yang direncanakan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

“Ajang Pilkada serentak kali ini merupakan kesempatan petugas pengawas untuk membuktikan peran dan kinerjanya dalam upaya merawat, memajukan dan melestarikan demokrasi,” jelas Iin.

Pada pembukaan bimtek kali ini turut dihadiri oleh anggota Bawaslu Sumsel Iwan Ardiansyah, Junaidi, Syamsul Alwi dan Yenli Elmanoferi.

Kabag Pengawasan Bawaslu Sumsel Abdul Rahim dalam laporannya menyampaikan tujuan diadakan kegiatan ini adalah agar seluruh jajaran pengawasan di tingkat kabupaten memahami terkait dengan tugas dan fungsinya dalam melakukan pengawasan pada tahapan pencalonan.

“Nantinya diharapkan dapat diturunkan pada jenjang pengawas di bawahnya mulai dari tingkat kecamatan sampai dengan tingkat TPS,” ucapnya.(rws)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *