Tingkatkan Pelayanan, PDAM OKU Segera Operasikan SPAM Lubuk Raja

IMG-20190104-WA0006

BATURAJA – Pengerjaan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dibangun mulai 2018 lalu kini rampung dan dalam tahap uji coba pada awal 2019 ini.

“Kondisi terkini telah rampung dan hanya tinggal menunggu peresmian saja. Mudah-mudahan pada Januari tahun ini mulai difungsikan pengoperasiannya. Ya, nanti kita tunggu saja, apa pertengahan atau akhir bulan ini,” ujar Direktur PDAM OKU H Abi Kusno saat dibincangi di ruang kerjanya, Jumat (4/1).

Dia mengklaim kalau PDAM OKU sendiri telah melakukan uji coba dari Intake menuju Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang dilakukan dari Satker Balai Besar Sumber Daya Air Wilayah Delapan Sumbagsel.

Dia mengatakan, uji coba tersebut dilakukan sebagai bentuk kesiapan PDAM OKU sebagai user dalam melayani pelanggan di Kecamatan Lubuk Raja. Bahkan, warga antusiasme menyambut pengoperasian air bersih PDAM OKU.

“Uji coba yang telah kita lakukan dari Intek menuju IPA dengan sampel salah satu ke rumah pelanggan langsung pada 19 Desember lalu. Alhamdulilah berjalan sesuai harapan. Selanjutnya nanti kita segera melakukan uji coba dari IPA menuju Booster, dan secepatnya kita lakukan sebelum peresmiannya di Januari 2019 nanti,” ucapnya.

Dia menjelaskan, saat ini sudah ada sekitar 1000 pelanggan di Kecamatan Lubuk Raja yang telah tersambung dan siap dialiri air bersih. Sementara untuk pengoperasian masih menunggu, pasca peresmian dilaksanakan.

Dia mengaku pembangunan SPAM di Kecamatan Lubuk Raja tahun 2018 setidaknya menghabiskan anggaran sebesa miliaran rupiah dengan daya tampung tahap awal sekitar 1.000 pelanggan.

“Target kedepan sampai 5.000 pelanggan bisa teraliri air bersih,” jelasnya.

Dana miliaran tersebut, lanjut dia, dianggarkan dari berbagai sumber, diantaranya dana pusat APBN murni dari Satuan Kerja Air Bersih, ditambah APBN murni dari Satker Balai Besar Sumber Daya Air Wilayah VIII Sumbagsel dan Dinas Perkim Kab OKU.(aya)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *