Karang Taruna OKI Dibekali Entrepreneur

IMG_20180507_110156

KAYUAGUNG- Pemuda Karang Taruna Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) diberdayakan melalui program pemberdayaan kelembagaan kesejahteraan sosial, dengan mengikuti pelatihan kewirausahaan atau entreprenuer karang taruna. Tiap kecamatan diambil satu anggota untuk diberi pelatihan kewirausahaan.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Sosial OKI, Amiruddin S.Sos mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membuka wawasan pemuda karang taruna dengan menginspirasi bagaimana kedepannya agar dapat membuka usaha yang dapat berguna bagi masyarakat.

“Karena karang taruna merupakan garda terdepan dari masyarakat,” jelas Amiruddin, Senin (7/5).

Amiruddin mengharapkan agar pelatihan kewirausahaan yang mengambil tema wujudkan karang taruna sebagai kelembagaan pemuda yang kreatif, inovatif dan produktif dalam upaya peningkatan ekonomi dan kesejahteraan sosial ini dapat disimak dan diikuti dengan baik agar dapat bermanfaat dan dapat dirasakan oleh masyarakat di desanya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten OKI, Maulidini mengatakan, pemberdayaan ekonomi melalui anggota Karang Taruna sangat penting, karena basis ekonomi kerakyatan berasal dari pedesaan yang sangat potensial seperti di Kecamatan SP Padang, Jejawi dan Pampangan yang mayoritasnya dapat dikembangkan dalam bidang pertanian, peternakan dan perikanan untuk pengadaan pakan ternak dan lain sebagainya.

“Ke depan, Karang Taruna dituntut bekerja secara profesional. Diharapkan juga pelatihan kewirausahaan ini dapat membuka peluang untuk mengembangkan bumdes atau usaha mikro perorangan bagi masyarakat di desa masing-masing,” tuturnya.

Sebelumnya dalam laporan Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Sosial, Abunawas, M.Si mengatakan, jumlah peserta pelatihan kewirausahaan karang taruna ini diikuti 327 orang yang terdiri dari 6 angkatan.

“Pertama yakni Kecamatan Jejawi, SP Padang dan Pampangan, lalu diteruskan ke Kecamatan Pangkalam Lampam dan Tulung Selapan. Selanjutnya, Lempuing, Lempuing Jaya, Mesuji, Mesuji Raya dan Mesuji Makmur. Kemudian di Kecamatan Air Sugihan, Pedamaran Timur, Cengal Sungai Menang dan Kecamatan Kayuagung, Tanjung Lubuk, Pedamaran, Teluk Gelam,” ucapnya.(abu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *