Disdag Sumsel Pastikan Stok Sembako Jelang Idul Fitri 1444 H Relatif Aman

user
Darfian Mahar Jaya Suprana 28 Maret 2023, 18:12 WIB
untitled

Sriwijayamedia.com - Dinas Perdagangan (Disdag) Sumsel memastikan selama bulan Suci Ramadhan hingga jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, persediaan sembilan bahan pokok (sembako) relatif aman dan tersedia.

Kepala Disdag Sumsel Ahmad Rizali, saat ditemui di Palembang Selasa (28/3/2023) meminta masyarakat Sumsel tidak perlu khawatir karena stok sembako aman selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

"Soal harga memang selalu fluktuatif. Kalaupun naik tidak lebih dari 10 persen," kata Ahmad.

Menurut dia, stok sembako seperti beras, gula, minyak goreng (migor), tahu, tempe, cabai dan lainnya dinilai cukup hingga Juni 2023 mendatang.

Sebagai antisipasi terjadinya penimbunan, pihaknya bersama Satgas Pangan Polda Sumsel akan turun ke gudang ataupun distributor sembako untuk mengecek ketersediaan bahan pokok.

"Sampai saat ini tidak ada upaya yang mengarah ke penimbunan. Pangan itu merupakan salah satu bahan yang tidak bisa terlalu lama disimpan, kecuali barang jadi," imbuhnya.

Terkait banyaknya pasar-pasar bedug yang ada saat ini, pihaknya akan terus mengawasi guna menghindari penggunaan bahan formalin maupun kedaluarsa.

"Kami bekerja sama dengan BPOM untuk mengawasi bahan makanan di Pasar Bedug," jelasnya.(ton)

Kredit

Bagikan