Hadiri Pelantikan POGI dan YKI, Ini Harapan Besar Gubernur Sumsel

user
Irawansyah Perdana 22 Januari 2023, 16:18 WIB
untitled

Sriwijayamedia.com - Gubernur Sumsel H Herman Deru menyaksikan pelantikan Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Cabang Sumsel periode 2022-2025 dan kepengurusan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Palembang masa bakti 2022-2027, di Griya Agung Palembang, Minggu (22/1/2023).

"Saya menaruh harapan besar terhadap 2 organisasi ini. Bahwa perkumpulan para ahli ini, khususnya spesialis kandungan dapat saling bertukar informasi. Apalagi teknologi dalam penanganan, mulai dari kehamilan sampai kelahiran, dan pasca kelahiran sudah semakin canggih," ujar Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Deru pun berharap jangan sampai ada disparitas antara pelayanan didaerah dan kota. Apalagi dengan jumlah spesialis dokter kandungan di Sumsel capai 241 orang sehingga bisa lebih masif mensosialisasikan penyebaran profesi ini.

Namun realitanya, kata Deru, masih banyak terjadi ketimpangan jumlah spesialis dokter kandungan di kota dan desa.

Begitupun terhadap Yayasan Kanker, diupayakan lebih mensosialisasikan ke masyarakat terkait pencegahan kanker. 

"masyarakat butuh literasi teekait bagaimana mencegah dan mengobati kanker. YKI sudah dikukuhkan dan kedepan diharap dapat segera membentuk di kabupaten/kota," terangnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Pengurus Besar POGI Arif Kusuma Januarto menambahkan bahwa  POGI selaku organisasi tempat berkumpulnya dokter-dokter spesialis kebidanan.

"Perannya sangat besar dalam menekan angka kematian ibu. Pastinya butuh juga bantuan dari teman-teman bidan, dokter umum, dinas kesehatan, puskesmas, bahkan seluruh ibu-ibu PKK yang mengkoordinasi layanan posyandu," paparnya.(ton)

Kredit

Bagikan