Dishub Sumsel : Transaksi Layanan Pelabuhan TAA Menggunakan Non Tunai

user
Darfian Mahar Jaya Suprana 20 Januari 2023, 16:25 WIB
untitled

Sriwijayamedia.com - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumsel Ari Narsa menghadiri sekaligus membuka langsung rapat pembahasan langkah percepatan elektronifikasi di Pelabuhan Tanjung Api-Api (TAA), di ruang rapat lantai II Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumsel, Jum'at (20/1/2023).

"Dengan adanya elektronifikasi, maka akan menciptakan peningkatan kemajuan teknologi, di bidang informasi teknologi (IT). Tuntutan zaman sekarang ini, masyarakat ingin pelayanan cepat, mudah, efektif dan efisien," ujar Kepala Dishub Sumsel Ari Narsa.

Menurut dia, saat ini tuntutan zaman sudah menggunakan Elektronik Money (e-money). Bahkan kedepan tidak akan ada lagi transaksi dalam bentuk pembayaran tunai. Termasuk di transaksi layanan Pelabuhan TAA.

Bahkan, transaksi dalam pengadaan barang/jasa pun menggunakan non tunai.

"Untuk pengadaan barang/jasa juga, ditahun 2023 tidak lagi transaksi langsung, tapi melalui non tunai," imbuhnya.

Dia melanjutkan BI telah mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) pada 14 Agustus 2014 yang bertujuan untuk menciptakan sistem pembayaran yang aman, efisien dan lancar, yang pada gilirannya akan dapat mendorong sistem keuangan nasional bekerja secara efektif dan efisien.

"GNNT juga diharapkan mampu meminimalisasi kendala dalam pembayaran tunai, seperti uang tidak diterima karena lusuh/sobek/tidak layak edar dan meningkatkan efisiensi saat transaksi di mana masyarakat tidak perlu membawa uang dalam jumlah besar," bebernya.

Dengan demikian dapat meningkatkan efektivitas transaksi yaitu menghindari adanya kesalahan hitung atau human error. Pada gilirannya, GNNT akan dapat mewujudkan ekosistem cash less society.

"Definisi elektronifikasi yakni transaksi keuangan yang merupakan perubahan cara pembayaran yang semula menggunakan tunai menjadi non tunai. Elektronifikasi transaksi keuangan merupakan salah satu bentuk GNNT yang dicanangkan oleh BI," jelasnya.(ton)

Kredit

Bagikan

BERITA TERKAIT