Wujudkan Reformasi Birokrasi, Lapas Kelas IIB Muara Enim Lakukan Hal Ini

user
Irawansyah Perdana 18 Januari 2023, 16:27 WIB
untitled

Sriwijayamedia.com - Reformasi birokrasi merupakan sebuah proses perubahan yang dilaksanakan secara bertahap, sistematis, dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan tata kelola pemerintahan yang good government dan clean government.

Pelaksanaan reformasi birokrasi dilaksanakan melalui pembangunan Zona Integritas (ZI). Sebagai tindak lanjut untuk mengawali pembangunan ZI, Lapas Kelas IIB Muara Enim Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Sumsel melaksanakan Penandatanganan Komitmen Bersama (PKS) pembangunan ZI Tahun 2023, secara serentak di Aula Kanwil Kemenkumham Sumsel, melalui hybrid, Rabu (18/1/2023).

Kegiatan ini merujuk Surat Sekretaris Jenderal Nomor SEK-OT.03.02-03 hal pelaksanaan pembangunan ZI di Lingkungan Kemenkumham Tahun 2023.

Pada kesempatan tersebut, melalui sambungan zoom, Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya menyampaikan arahannya kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis

Dia mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran yang telah mendukung kinerja Kanwil Kemenkumham Sumsel untuk berjalan lebih baik lagi.

"PKS pembangunan ZI yang baru saja kita lakukan, bertujuan untuk mengimplementasikan 6 (enam) area perubahan dalam rangka menjaga dan merawat kinerja seluruh jajaran Kemenkumham dalam bingkai integritas, sehingga tercapai Indeks reformasi birokrasi yang ditandai dengan meningkatnya capaian kualitas dan kuantitas WBK/WBBM," terangnya.

Dia berharap, semangat dan sinergi yang berkesinambungan akan terus berjalan semakin baik, dan menjadi pendorong bagi kita untuk bergerak lebih progresif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mencapai prestasi demi prestasi di tahun 2023 ini.

Kakanwil melanjutkan pencanangan ZI merupakan suatu keharusan bagi instansi pemerintah yang mempunyai komitmen penuh dalam mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi khususnya dalam pencegahan korupsi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

"Kita semua bertanggung jawab menciptakan pembangunan ZI di lingkungan kerja masing-masing," imbuhnya.

Saat ini, Kanwil Kemenkumham Sumsel telah berhasil meraih predikat WBK, bersama 5 (lima) satuan kerja lainnya yaitu LPKA Kelas I Palembang, Lapas Kelas IIB Muara Enim, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, Lapas Kelas I Palembang, dan Bapas Kelas I Palembang. Sementara 1 (satu) satker telah meraih predikat WBBM, yaitu Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Muara Enim.

Dia pun berharap, pada tahun 2023 jumlah satuan kerja yang mendapatkan predikat WBK/WBBM mengalami kenaikan. Dengan demikian semuanya mampu membuktikan kepada publik bahwa jajaran Kemenkumham mampu memberikan bukti nyata dalam memberikan pelayanan masyarakat yang unggul.

"Mari kita awali tahun ini dengan penuh semangat berpikir dan berperilaku positif. Satukan visi, terus perkuat sinergi dan kolaborasi di jajaran Kemenkumham yang Semakin PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif)," pesan Kakanwil Ilham Djaya.

Sementara itu, Kepala Lapas Muara Enim Herdianto menegaskan kembali kepada seluruh jajarannya agar benar-benar berkomitmen dalam melakukan pembangunan zona integritas

"Keberhasilan membangun ZI sangat ditentukan oleh komitmen integritas kita dalam berkinerja. Untuk itu, saya harap seluruh pegawai Lapas Muara Enim untuk benar-benar berkomitmen dalam melakukan pembangunan ZI. Mari semangat, optimis kita bisa raih Predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)," ajak Herdianto.(kiki)

Kredit

Bagikan

BERITA TERKAIT