Wujudkan Muba Blankspot, Diskominfo Klaim 23 Jaringan 4G Telkomsel Dibangun

user
Darfian Mahar Jaya Suprana 29 Oktober 2022, 07:06 WIB
untitled

Sriwijayamedia.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Musi Banyuasin (Muba) klaim gencar mewujudkan Smart Regency dan Muba bebas blankspot. Salah satu upayanya adalah mengusulkan kepada Kementerian Kominfo dan provider untuk mendukung langkah ini.

Untuk memastikan dukungan berjalan, Tim IT Dinkominfo Muba melakukan kunjungan kerja (kunker) ke PT Telkomsel di Jalan Veteran Palembang, Jum'at (28/10/2022).

Kunker tersebut dalam rangka berdiskusi dan mencari solusi terkait blankspot di Muba. Tim IT Dinkominfo mencatat saat ini masih ada 81 titik blankspot  yang tersebar di 15 kecamatan. Diharapkan semua yang masih blankspot dapat teratasi pada tahun 2023 mendatang.

Kepala Diskominfo Muba Herryandi Sinulingga, AP., diterima langsung Untung Basuki selaku Manager Network Service Palembang, Samsurizal Manager Branch Palembang, Asep Hermawan Manager Service Quality Assurance Sumbagsel ; Fatahillah Manager Project Deployment Sumbagsel dan Akbar Mannaungi Manager RTP Engineering Sumbagsel. 

Menurut Telkomsel, Muba merupakan kabupaten yang paling gencar mengusulkan pembangunan jaringan 4G dan usulan Muba ini disertai data paling lengkap, termasuk koordinat blankspot.

Alhasil, pada tahun 2022 ini Muba mendapatkan pembangunan jaringan terbanyak di Sumbagsel yaitu 23 jaringan dari 36 desa melalui program non 3T di seluruh Sumbagsel.

Dia mengklaim jaringan 4G Telkomsel yang saat ini dikerjakan sampai akhir tahun 2022, antara lain di Desa Sridamai Kecamatan. Keluang, Desa Pangkalan Bulian, Batanghari Leko, Desa Talang Buluh, Batanghari Leko, Desa Pangkalan Bayat, Bayung Lencir, Desa Sumber Sari, Tungkal Jaya, Desa Berlian Jaya, Tungkal Jaya, Desa Pandan Sari, Tungkal Jaya, Desa Beji Mulyo, Tungkal Jaya, Desa Mulya Jaya, Lalan, Desa Ringin Agung, Lalan, Desa Karang Makmur Lalan, Desa Mekar Sari, Lalan, Desa Pagar Desa, Bayung Lencir, Desa Karya Mukti, Desa Tanjung Bali, Batanghari Leko, Desa Lubuk Buah, Batanghari Leko, Desa Senawar Jaya, Bayung Lencir, Desa Mulya Asih, Keluang, Desa Tampang Baru, Bayung Lencir, Desa, Desa Tri Mulya Agung, Lalan, Desa Sari Agung, Lalan dan Desa Srigading, Lalan.

"Telkomsel memastikan semua jaringan ditargetkan on pada akhir Desember 2022 nanti," terangnya.

Selain program non 3T, Kabupaten Muba juga mendapatkan program reguler dari Telkomsel sebanyak 3 lokasi yaitu di Desa Muara Merang Kecamatan Bayung Lencir, Desa Air Putih Ulu, Plakat Tinggi dan Kelurahan Sungai Lilin Jaya, Sungai Lilin.

Atas dukungan dari Telkomsel itu, Pj Bupati Muba H Apriyadi mengucapkan terima kasih.

Menurut Apriyadi, Muba akan semakin cepat mengatasi blankspot dan mampu mewujudkan smart regency. Salah satunya berkat pembangunan jaringan oleh provider, termasuk Telkomsel.

"Pembangun jaringan 4G non 3T di Muba saat ini sebanyak 23 unit. Semoga tahun 2023 Telkomsel tetap memproyeksikan pembangunan di Muba. Mari kita jaga aset ini jangan sampai rusak atau terjadi vandalisme demi kenyamanan kita bersama. Pembangunan layanan 4G ini bertujuan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat, dalam mendukung program transformasi digital di Muba," jelas Apriyadi.(Berry)

Kredit

Bagikan

BERITA TERKAIT