Lantik Forum Kabupaten Sehat, Ini Arahan Pj Bupati Apriyadi

user
Darfian Mahar Jaya Suprana 24 September 2022, 06:31 WIB
untitled

Sriwijayamedia.com - Pj Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Apriyadi melantik Hj Asna Aini Apriyadi sebagai Ketua Forum Kabupaten Sehat beserta pengurus lainnya, di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Jumat (23/9/2022).

Pada kesempatan sama, Pj Bupati Muba juga menyaksikan langsung pelantikan Persatuan Seniman Komedi Indonesia (PSKI) Korwil Muba periode 2022-2025, dilakukan Ketua Pengda PSKI Sumsel Fikri Haikal.

Pj Bupati Muba H Apriyadi mengatakan, Kabupaten Sehat harus benar-benar dirasakan manfaatnya oleh semua pihak mulai tentang kebersihan, nyaman, aman, dan sehat, serta tatanannya terintegrasi.

Untuk menuju kabupaten sehat, sangat penting penyelenggara melakukan berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat. Misalnya melalui forum atau mengaktifkan lembaga masyarakat yang ada.

"Penyelenggaraan Kabupaten Sehat ini tidak akan terwujud bila tidak tercipta masyarakat sehat. Salah satu indikator untuk menciptakan masyarakat yang sehat bisa diwujudkan melalui forum yang difasilitasi oleh pemerintah kabupaten/kota secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkesinambungan," ujarnya.

Calon Kandidat Doktor Universitas Sriwijaya (Unsri) ini juga mengatakan, tidak sekadar menjalankan keikutsertaan dalam penghargaan KKS tingkat nasional. Lebih dari itu, manfaatnya dapat dirasakan segenap masyarakat, termasuk di wilayah pelosok.

"Untuk mencapai Kabupaten Sehat, perlu adanya keterlibatan multi sektor dan stakeholder. Lingkungan yang sehat bukan hanya tugas forum namun bersama seluruh jajaran harus menjadi motor penggerak terwujudnya Kabupaten Sehat. Oleh karena itu, melalui program Kabupaten Sehat ini, diharapkan dapat menumbuhkan budaya sehat di masyarakat yang pergerakkannya dapat dimulai dari rumah masing-masing," jelas Apriyadi

Apriyadi  menyampaikan, PSKI Kabupaten Muba merupakan organisasi seniman komedi yang dapat menjadi mitra pemerintah, terutama dalam menggerakkan seni komedi dan mengembangkan potensi seniman komedi di Kabupaten Muba.

"Diharapkan para pengurus PSKI Kabupaten Muba dapat menjalankan program kerja sesuai aturan, serta mengembangkan organisasi dengan merangkul seniman komedi yang di Muba," terangnya.

Kehadiran PSKI dapat memberikan nilai lebih terhadap seniman komedi di Kabupaten Muba. Pihaknya akan siapkan tempat untuk para seniman berlatih, menampilkan kreasi-kreasi mereka yaitu di Museum Penghulu Soleh karena fasilitas tempatnya strategis untuk para seniman belajar tampil.

Sementara itu, Ketua Pengda PSKI Sumsel Fikri Haikal mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muba telah menyambut baik dan mendukung pelantikan PKSI.

"Mengapa kami memilih Kabupaten Muba, karena setiap momen pentas seni komedi, utusan dari Kabupaten Muba selalu mendominasi dan juara. Oleh karena itu, kami yakin SDM Muba memang berpotensi," terangnya.

Menurut Fikri, PSKI memang organisasi yang mewadahi para pelawak dan komedian di seluruh Indonesi. Bahkan hampir seluruh provinsi sudah terbentuk PSKI.

"Kami yakin di Kabupaten Muba ini tidak hanya pembinaan di dunia pendidikan, olahraga dan lainnya saja. Tapi terbukti SDM komedian juga dibina dengan baik, oleh karena itu PSKI hadir," imbuhnya.

Ketua PSKI Muba Wahyu Endi Hidayat menyampaikan terimakasih atas dukungan dari Pemkab Muba sehingga terlaksananya pelantikan hari ini.

Dia mengklaim PSKI Muba akan merangkul semua konten kreatir, baik di pelosok maupun kota Sekayu, untuk bergabung dalam PSKI.

"PSKI akan siap berkontribusi bagi Pemkab Muba, selaras dengan visi dan misi pemerintah promosikan budaya, pariwisata maupun kuliner khas Kabupaten Muba. Program kerja kami kedepan bersama para konten kreator Muba diharapkan dukungan dari Pemkab Muba, baik secara moril maupun materil. Kami berharap dapat diberikan tempat dan panggung untuk menyajikan kreasi-kreasi kami," paparnya.(Berry)

Kredit

Bagikan