Pj Bupati Muba Sebut Upaya Pendekatan Dinilai Efektif Cegah Radikalisme

user
Darfian Mahar Jaya Suprana 15 September 2022, 17:03 WIB
untitled

Sriwijayamedia.com - Pendekatan persuasif dari seluruh tingkat pemerintahan hingga desa dinilai efektif mencegah radikalisme maupun terorisme.

Karena radikalisme adalah paham yang menginginkan perubahan atau pembaharuan tatanan sosial dan politik dengan cepat, yang dapat berdampak langsung terhadap sendi-sendi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara sehingga menyebabkan keresahan sosial dan melemahnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintahan yang sah.

Hal itu diungkapkan Penjabat (Pj) Bupati Musi Banyuasin (Muba) H Apriyadi, saat membuka seminar Kebangsaan di halaman Kantor Camat Babat Supat, Kamis (15/9/2022).

Seminar yang diikuti para kepala desa (kades), calon kepala desa (Cakades), linmas dan jajaran pemerintahan desa tersebut mengangkat tema "Cegah Radikalisme dan Terorisme di wilayah Babat Supat".

"Peran pemerintah baik kabupaten hingga tingkat desa, termasuk linmas sangat diharapkan memberikan pengetahuan kepada masyarakat akan ancaman radikalisme yang dapat bergerak masuk ke lingkungan tanpa disadari," ujar Bupati.

Terlebih Kecamatan Babat Supat berada di jalur perlintasan, sehingga tidak menutup kemungkinan munculnya paham-paham yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

"Namun kita harus tetap konsisten menjaga situasi dan kondisi Kabupaten Muba agar tetap kondusif dan Zoro konflik," bebernya.

Sementara Camat Babat Supat Rio Aditya, S.IP., M.Si., melaporkan kegiatan seminar kebangsaan dilatarbelakangi karena kondisi geografi Babat Supat merupakan lintasan antar daerah sehingga dikhawatirkan masuknya faham-faham radikal.

"Peserta di ikuti oleh kades sebanyak 16 orang, anggota BPD 16 orang, kadus 102 orang serta 205 orang RT dan Linmas. Narasumber dalam kegiatan ini berasal dari Kesbangpol, dan Satpol PP Muba. Tujuan pelaksanaan agar para peserta dapat lebih meningkatkan kewaspadaan dini yg mengarah kepada radikalisme dan terorisme, juga memahami potensi potensi konflik yang akan terjadi," terangnya.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyerahan berbagai bantuan oleh Pj Bupati Muba diantaranya, berupa bedah rumah, sembako, kursi roda, gerobak gorengan, dan unit pengolah pupuk organik (UPPO) kepada gabungan kelompok tani.

Acara ini turut dihadiri Kaban Kesbangpol Muba Joni Martohonan, AP., M.Si., Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Muba Zulfakar, dan Kepala PU Perkim Muba Hj Rismawati Gathmir, ST., M.Eng., serta Kepala Perangkat Daerah Muba.(Berry)

Credits

Bagikan