Menkes RI : Tiap Puskesmas Disediakan Vaksin PCV Gratis

user
Irawansyah Perdana 12 September 2022, 20:43 WIB
untitled

Sriwijayamedia.com - Untuk mencegah Pneumonia bagi anak-anak di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyediakan vaksin Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV) gratis di setiap puskesmas.

Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia Ir Budi Gunadi Sadikin, CHFC., CLU, yang hadir secara virtual launching Puskesmas Talang Jambe, Kota Palembang, Senin (12/9/2022).

"Provinsi Sumsel menjadi tempat Pencanangan Nasional Imunisasi PCV. Vaksin PCV berguna untuk melindungi diri dari penyakit berbahaya seperti meningitis dan pneumonia (radang paru-paru) dalam kategori berat terhadap bayi dan balita," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin. 

Dia menjelaskan pneumonia adalah infeksi akut pada jaringan paru. Salah satu penyebabnya adalah infeksi pneumokokus. Pneumonia menyebabkan 14,5 persen kematian pada bayi dan 5 persen kematian pada balita sehingga balita kita terganggu keseimbangan gizinya.

"Vaksin ini bisa juga untuk menurunkan stunting, dan imunisasi PCV dilakukan sebanyak 3 kali ditujukan untuk anak yang baru genap berusia 2 bulan (dosis 1) lalu lanjut di usia 3 bulan (dosis 2) dan 12 bulan," terangnya.

Setali tiga uang, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI Dr dr Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS., menambahkan imunisasi PCV di seluruh Indonesia sudah dimulai Senin 12 September 2022.

Untuk di Sumsel memiliki capaian imunisasi tinggi, sehingga pencanangan digelar di Sumsel. Sebenarnya imunisasi PCV ini sudah dimulai sejak tahun 2017 dan diuji coba di Lombok Barat, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan di tahun 2021 diperluas di NTB, Bangka Belitung (Babel), serta di Jawa.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel H Mawardi Yahya mengucapkan terima kasih karena Sumsel menjadi tempat pencanangan imunisasi PCV.

"Ada beberapa hal yang disampaikan Dirjen, yakni Sumsel sangat strategis dan memiliki tenaga-tenaga sampai ke pelosok desa dan wilayahnya sudah memadai," terangnya.

Dia melanjutkan program ini harus dilakukan secara berkesinambungan dengan harapan balita tumbuh menjadi sehat.

Terpisah, Kepala Puskesmas Talang Jambe Asnawi, SKM., M.Kes., menambahkan dengan telah diresmikannya Puskesmas Talang Jambe diharap pelayanan kemasyarakatan di Talang Jambe akan makin maksimal dan dapat tercover.

"Dengan adanya Puskesmas Talang Jambe, kami berharap cakupan imunisasi PCV dan program kesehatan lainnya mudah didapatkan masyarakat," bebernya.

Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan melakukan sosialisasi melalui lintas sektoral dan juga akan melakukan road show ke Rukun Tetangga-Rukun Warga dan masyarakat Talang Jambe agar segera membawa bayinya melakukan imunisasi PCV. 

"Puskesmas Talang Jambe untuk sementara ini sudah bisa melakukan pemeriksaan umum, laboratorium, pemeriksaan ibu dan anak dan pemeriksaan penyakit khusus lainnya seperti TB dan paru-paru, jelasnya.(ton)

Credits

Bagikan