Ribuan Siswa Ikuti PGM ke-XVI Tingkat Penegak Sumatera dan Jawa

user
Darfian Mahar Jaya Suprana 07 September 2022, 20:29 WIB
untitled

Sriwijayamedia.com - Sebanyak 1.200 siswa meramaikan pembukaan Perkemahan Gema Muhammadiyah (PGM) ke XVI tingkat penegak Sumatera dan Jawa, dilaksanakan di Bumi Perkemahan Candika Kwartir Cabang (Kwarcab) Palembang, Rabu (7/9/2022).

"Saya berharap melalui kegiatan perkemahan pramuka ini dapat menciptakan generasi yang handal," ujar Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Sumsel Drs H Riza Fahlevi, MM., saat ditemui usai pembukaan.

Dikatakan Drs Riza Fahlevi, pihaknya sangat bersyukur dapat berkumpul di Perkemahan Candika Kwarcab Palembang serta melaksanakan kegiatan dalam keadaan sehat.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih generasi muda baik intelektual dan fisik. Bisa menciptakan generasi yang handal serta memiliki royalitas yang tinggi. Dimana kegiatan ini menjadi ajang prestasi dan menempa kepribadian bagi setiap peserta," ujarnya.

Melalui generasi muda ini bisa membuat bangsa yang kuat dan sanggup menghadapi perkembangan zaman serta tantangan pada dunia global.

Dia berharap agar setiap peserta dapat mengikuti semua kegiatan ini dengan hati ikhlas. Makna dari kata ikhlas adalah introspeksi diri, kekompakan, humoris, loyalis, agama, dan silaturahmi.

"Jadi bukan hanya sebagai ajang lomba semata, tapi juga menjadi ajang saling memupuk keakraban," katanya.

Sementara itu, Pembina Putri Universitas Muhammadiyah Palembang Nurbaiti mengatakan kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap setahun sekali.

Selain sebagai ajang silaturahmi, juga untuk menempa kemampuan para adik-adik pramuka agar bisa keluar menjadi sosok yang tangguh. 

Alumni Pramuka Muhammadiyah atau Purna Rencana sekaligus anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang Feby Anggi Pratama mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan September dan ini masuk dalam salah satu program kerja dari Universitas Muhammadiyah.

"Disini nantinya akan dibentuk karakter pramuka yang kreativitas dan inovatif," bebernya.

Dia menyebut dalam perkemahan ini ada lomba bersifat edukatif dan sosial. Bahkan ada juga ajang untuk usaha, baik bagi para peserta pramuka maupun warga sekitar.(ton)

Credits

Bagikan