OKU Terima Bantuan 500 Dosis Vaksin PMK

IMG-20220704-WA0091

Baturaja, Sriwijaya Media – Guna mencegah hewan ternak, khususnya sapi di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) tidak terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), maka pemerintah pusat menyalurkan 500 dosis vaksin untuk OKU.

“500 dosis vaksin PMK ini didapat dari pemerintah pusat. Vaksin ini didatangkan langsung dari Prancis,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan OKU Tri Apriningsih, Senin (4/7/2022).

Dia menegaskan, total populasi ternak sapi di OKU saat ini tercatat 8.800 ekor. Artinya, dengan adanya bantuan vaksin sebanyak 500 dosis itu, maka belum semua populasi sapi dapat dilakukan vaksinasi.

“Sementara sisanya akan dilakukan vaksin lanjutan. Namun, kita tunggu dulu kiriman tambahan dosis vaksinnya dari pusat. Insha Allah vaksinnya dalam waktu dekat sudah kita terima,” terang Tri.

Sementara itu, Penjabat Bupati OKU H Teddy Meilwansyah saat melauncing vaksin PMK di PT Mitra Alas Agri (MAA) yang terletak di Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Baturaja Timur, Senin (4/7/2022) mengatakan kegiatan vaksin ini dilakukan guna mencegah agar hewan ternak di OKU, khususnya sapi tidak ada yang terinfeksi PMK.

“Sebelum melakukan vaksinasi, kami sudah mengumpulkan para peternak sapi memberikan sosialisasi mengenai kegiatan ini. Setelah itu, kami juga membentuk tim Satgas PMK,” tegasnya.

Setelah Tim Satgas PMK terbentuk, lanjut Teddy, pihaknya langsung menugaskan mereka untuk terjun ke lapangan dengan cara mendatangi ke tempat peternak sapi di wilayah masing-masing.

“Apalagi umat Islam sebentar lagi akan merayakan Idul Adha, maka saya berharap ternak sapi yang dijual di pasaran steril dari PMK,” paparnya.

Selain itu, Dinas Perikanan dan Peternakan OKU juga sudah membuka posko di berbatasan yang diisi dengan tim tenaga kesehatan hewan, guna memantau sapi yang akan masuk ke OKU.

“Posko ini didirikan untuk memantau arus keluar masuk hewan ternak khususnya sapi dari luar OKU. Jika ada yang terinfeksi PMK, maka sapi itu akan dilarang datang ke daerah kita,” jelasnya.(rnj)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *