Temukan Makanan Berformalin Saat Sidak Pasar AAL, Wawako Fitri Ultimatum Pedagang

IMG_20210202_144503

Palembang, Sriwijaya Media- Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Hj Fitrianti Agustinda memberi ultimatum kepada pedagang yang nakal menjual kebutuhan makanan mengunakan bahan kimia berbahaya.

Hal itu disampaikan Wawako Palembang saat inspeksi mendadak (sidak), di Pasar Tradisional Alang-Alang Lebar (AAL) bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPPOM) Palembang, Selasa (2/2/2021).

Bacaan Lainnya

Dalam sidah tersebut, tim gabungan ini kembali menemukan bahan kimia dibeberapa makanan yang dijual pedagang.

“Jika masih ada pedagang melakukan kecurangan, maka saya tidak segan-segan menyuruh pedagang untuk tidak berjualan lagi dipasar dan dikenakan penindakan denda,” kata Fitri.

Kekesalan Wawako Fitri ini cukup beralasan. Pasalnya, dari  27 sampling makanan yang diambil, ada produk kebutuhan dapur untuk dimakan sehari-hari mengandung bahan berbahaya.

Bahan pangan tersebut berupa mie kecil dan dua buah cendol beserta terasi yang mengandung formalin. Empat bahan pangan tersebut selalu dicari konsumen.

“Ini adalah peringatan terakhir kepada seluruh pedagang dan distributor agar berhenti melakukan kecurangan demi mendapatkan keuntungan besar,” terang Fitri.

Sementara itu, Kepala BBPOM Palembang Yosef Dwi Irwan melalui Koordinator Bidang Pemeriksaan Aquirina Leonara menambahkan pihaknya optimistis akan terus melakukan pemantauan di seluruh pasar.

Dari sample terhadap sejumlah makanan, ada empat bahan pangan yakni mie kecil, dua buah cendol beserta terasi yang mengandung formalin.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini semua pedagang nakal bisa kita cegah guna menghindarkan hal tak diinginkan terhadap kesehatan,” jelasnya.(jay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *