Unsri Umumkan PMB Melalui Jalur UMSB, Catat Jadwalnya

user
Irawansyah Perdana 15 Mei 2023, 17:03 WIB
untitled

Sriwijayamedia.com - Universitas Sriwijaya (Unsri) akhirnya mengumumkan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Tahun 2023 melalui jalur Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB).

Hal itu disampaikan Wakil Rektor I bidang Akademik Unsri Prof Ir Zainuddin Nawawi, P.hD., IPU., didampingi Koordinator Humas USMB Unsri Prof Dr H Zulkifli Dahlan, M.Si., DEA., dalam press release, Senin (15/2023).

"USMB sudah berlangsung sejak 4-5 tahun lalu. Ditahun ini ada satu lagi yang bertambah yaitu Universitas Serasan dari Muara Enim Prof Tuti," kata Wakil Rektor I Unsri bidang Akademik sekaligus panitia Prof Ir Zainuddin Nawawi.

Menurut dia, adapun jadwal UTBK-USMB 2023 ini terdiri dari Pelaksanaan Tes UTBK SNBT Gelombang I dimulai pada 8 - 14 Mei 2023, Pelaksanaan Tes UTBK SNBT Gelombang II dimulai dari 22 - 28 Mei 2023, Pendaftaran USMB 2023 untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) ke Sarjana Strata I) dimulai dari 16 Mei - 24 Juni 2023.

Begitupun untuk pendaftaran USMB untuk SLTA ke Diploma III dan Diploma III ke Sarjana Strata I dimulai dari 16 Mei - 08 Juli 2023.

Selain itu, ada Pengumuman UTBK-SNBT 2023 yang dimulai dari tanggal 20 Juni 2023, Pelaksanaan Tes USMB untuk SLTA ke Sarjana Strata I dimulai dari tanggal 27 - 30 Juni 2023.

"Pengumuman USMB 2023 untuk SLTA ke Sarjana Strata I yang dimulai dari 6 Juli 2023. Untuk pelaksanaan Tes USMB untuk SLTA ke Diploma 3 dan Diploma 3 ke Sarjana Strata I yang dimulai pada 11 Juli 2023, dan Pengumuman USMB 2023 untuk SLTA ke Diploma III dan Diploma III ke Sarjana Strata I dimulai 14 Juli 2023," paparnya.

Adapun Perguruan Tinggi Peserta USMB Tahun 2023 ini yakni Universitas Bina Darma, Universitas Indo Global Mandiri, Universitas Katholik Musi Charitas, Universitas MDP, Universitas Muhammadiyah Palembang, Universitas Musi Rawas, Universitas PGRI Palembang, Universitas Tridinanti Palembang, Universitas Sumatera Selatan.

Selain itu, Universitas Taman Siswa, STISIPOl Candradimuka, STIE/Akubank Mulia Darma Palembang, dan Universitas Serasan.

"Ujian dilaksanakan di kampus Unsri Bukit dan mitra. Lokasi Kampus Unsri Bukit berada di Fakultas Kedokteran (bukit), FKIP Ogan, Graha Sriwijaya, Gedung KPA UNSRI Bukit Besar. Sementara lokasi mitra di Universitas MDP (MDP IT Store) dijalan Sudirman KM 4, Universitas Indo Global Mandiri Gedung C, SMAN 1 Palembang, dan SMKN 2 Palembang," imbuhnya.

Adapun materi ujian yakni tes skolastik dan tes literasi. Untuk tes skolastik terdiri dari kemampuan penalaran umum, pengetahuan dan pemahaman umum, kemampuan memahami bacaan dan menulis, serta pengetahuan kuantitatif.

Sedangkan untuk tes literasi terdiri dari literasi dalam Bahasa Indonesia, literasi dalam Bahasa Inggris, dan penalaran Matematika.(ton)

Kredit

Bagikan