24 Januari, Poli Rehab Medik RSUP dr Mohammad Hoesin Berlakukan Daftar Online

user
Darfian Mahar Jaya Suprana 22 Januari 2023, 13:47 WIB
untitled

Sriwijayamedia.com - Untuk menghindari tumpukan antrian di Poli Rehabilitasi Medik, Rumah Sakit Umum Palembang (RSUP) dr Mohammad Hoesin akan berlakukan daftar online, mulai 24 Januari 2023 mendatang. 

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pelayanan, Medik Keperawatan dan Penunjang RSUP Dr Mohammad Hosein Dr H Marta Hendry mengatakan RSUP Dr Mohammad Hoessin buka sekitar pukul 06.00 WIB, tetapi dini hari sudah ada orang yang datang karena takut tidak mendapat nomor antrian.

"Pelayanan buka pendaftaran dimulai pukul 07.30 WIB ditangani tim rehabilitas medik pukul 08.00 WIB. Tapi mereka ini takut tidak mendapat nomor antrian, sehingga datang lebih awal," kata Dr H Marta, Minggu (22/1/2023). 

Sebenarnya, kata dia, RSUP Dr Mohammad Hossein telah menerapkan daftar online sejak Juni 2022 lalu. Hanya saja, Poli Rehabilitasi memang belum menggunakan sistem daftar secara online, mengingat masih dalam tahap proses penyempurnaan.

"Poli rehabilitasi memiliki banyak jenis sehingga lebih kompleks dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Poliklinik rehabilitasi lebih banyak yang dipersiapkan seperti tempat laki-laki harus beda, anak-anak juga beda, maupun dewasa juga berbeda. Karena ada hidroterapi, fisioterapi, dan sebagainya. Jadi pembuatan aplikasinya lamban supaya nanti hasilnya lebih sempurna," ungkapnya.

Namun pada 24 Januari 2023 untuk poli rehabilitasi medik pasien dapat mendaftar secara online di rumah. Sehingga tidak perlu takut lagi tidak mendapatkan nomor antrian. 

Saat ini, lanjut dia, tingkat okupansi terapi dalam sehari capai 24 pasien. Asumsinya dalam satu jam hanya bisa melayani tiga pasien.

Dalam kondisi normal, sehari tercatat ada dikisaran 70-90 pasien yang mendaftar. Namun beberapa pekan terakhir ini jumlah pasien mendaftar mengalami lonjakan hingga 210 pasien per hari.

Oleh sebab itu, pihaknya akan berupaya menambah tenaga medis, baik fisioterapi dan lainnya sehingga bisa memfasilitasi pasien lebih banyak.

"Ini sifatnya bukan gawat darurat sehingga bisa mendaftar dulu seperti memesan tiket. Kalau hari ini penuh, maka secara otomatis akan masuk keesokan harinya," paparnya.(ton)

Kredit

Bagikan

BERITA TERKAIT