Anggota MPR RI Nur Nadlifah : Keluarga Efektif Tangkal Masuknya Radikalisme

user
Irawansyah Perdana 24 September 2022, 14:49 WIB
untitled

Sriwijayamedia.com - Keluarga merupakan unit sosial terkecil dari masyarakat yang sangat efektif dalam mencegah masuknya paham radikalisme. Hal ini disampaikan Anggota Majelis Permusyawaratan (MPR) RI Nur Nadlifah, dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar, di Brebes, pada Sabtu (24/9/2022).

“Keluarga sangat efektif mencegah masuknya faham radikalisme. Bagaimana menciptakan keterbukaan di dalam keluarga, agar anak-anak selalu bercerita kepada orang tua. Kepada kita, ibu mereka, termasuk hal baru yang mereka temui,” kata Nadlifah yang juga Anggota Komisi IX DPR RI ini.

Dia menjelaskan, dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi paham radikalisme lebih mudah masuk. Bahkan, melalui media sosial yang banyak diakses.

“Rasa ingin tahu anak-anak dan remaja seringkali mereka lampiaskan di layar handphone. Sekali diakses, maka akan selalu muncul dalam timeline. Informasi masuk terus menerus dan mempengaruhi pola pikir,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum PP Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Margaret Aliyatul Maimunah menambahkan, dengan jaringan Fatayat NU yang ada hingga ke desa-desa, maka pengurus maupun kader Fatayat NU dapat turut mencegah dan menangkal paham radikalisme ke masyarakat.

“Ketuk tular, saling berbagi, mengingatkan dan mendampingi masyarakat yang berpotensi terpapar paham radikalisme. Khususnya generasi muda,” harapnya.

Sosialisasi empat pilar dilakukan kepada para pengurus organisasi Fatayat NU. Sosialisasi empat pilar ini dilakukan agar bagaimana masyarakat tidak hanya paham dengan Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika. Tetapi dapat menerapkan nilai-nilai empat pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Sekretaris Umum PP Fatayat NU Ela Siti Nuryamah sekaligus Anggota Komisi XI DPR RI dan Neng Eem Marhamah Zulfa sebagai Anggota Komisi V DPR RI.(Santi)

Kredit

Bagikan