LMND Sambangi DPR Terkait Transparansi Kerja KPU dan Partisipasi Kaum Muda di Pemilu

user
Darfian Mahar Jaya Suprana 11 Januari 2023, 17:19 WIB
untitled

Sriwijayamedia.com - Pemilu serentak 2024 akan segera berlangsung. Sejumlah elite partai politik disibukan dengan perdebatan antara proporsional terbuka dan proporsional tertutup.

Sementara yang krusial menyangkut sehat tidaknya demokrasi di Indonesia, pasca bergulirnya isu kecurangan dilakukan KPU terabaikan.

Hal tersebut dikemukakan Presedium Komite Penyelamat Ideologi, Politik, Organisasi Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (KP IPO LMND) Samsudin Saman, saat menggelar audiensi dengan Komisi II DPR RI di Senayan, Jakarta, Rabu (11/1/2023).

"Elite politik jangan dulu berdebat soal sistem proporsional terbuka atau tertutup. Ini ada persoalan serius menyangkut masa depan demokrasi kita, proses verifikasi partai politik (parpol) terindikasi dicurangi KPU," kata Samsudin.

Samsudin menyebut kepercayaan masyarakat terhadap parpol yang ada dan DPR sedang berada dititik terendah.

Atas alasan itu, perlu bagi DPR turut andil dalam menyelesaikan persoalan tersebut dan memastikan demokrasi di Indonesia berjalan sebagaimana mestinya seperti yang dicita-citakan oleh para pendiri bangsa.

"Pemilihan umum kan bagian tak terpisahkan dari pelaksanaan demokrasi. Nahasnya itu tidak dijalankan secara transparan, jujur dan adil. Sebaiknya DPR turun tangan menyelesaikan ini. KPU harus diaudit dan buka itu data partai politik kepada rakyat," tegasnya. 

Hal tersebut, lanjut Samsudin, penting dilakukan untuk mengembalikan marwah DPR dan partai politik supaya partisipasi rakyat di pemilu yang akan datang meningkat.

Perihal partisipasi tersebut, Samsudin mengemukakan, pemilih muda persentasenya akan mengalami peningkatan dalam pemilu 2024, dan diproyeksikan menjadi kunci pemenangan dalam pemilu nantinya.

"Generasi muda Indonesia pada tahun 2024 mencapai 33,83 persen. Ini suara yang potensial. Jangan sampai mereka tidak percaya pada sistem yang ada akibat sering dijadikan alat politik oleh elite," terangnya.

Samsudin mengaku, bersama LMND dirinya akan menjadi garda depan menghadapi Pemilu 2024, dan akan ikut serta meningkatkan partisipasi politik generasi muda jika pemerintah ada dalam posisi sebagaimana mestinya.

Saat ini, LMND tengah membangun langkah strategis diantaranya akan melakukan pendidikan politik yang rasional, jujur dan adil, mendorong Partisipasi Politik kaum muda dan menyiapkan sumberdaya manusia yang siap menjadi pemimpin politik.(santi)

Kredit

Bagikan

BERITA TERKAIT