'Gulo Puan' Desa Bangsal Raih Top 3 Kategori Makanan Tradisional di API Award 2022

user
Irawansyah Perdana 26 November 2022, 07:45 WIB
untitled

Sriwijayamedia.com - Kudapan para bangsawan pada masanya 'gulo puan', cemilan khas Desa Bangsal, Kecamatan Pampangan, Kabupaten OKI, Sumsel meraih top 3 nasional kategori makanan tradisional pada malam puncak Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022, di Banda Aceh, Jum’at (25/11/2022) malam.

Kabid Kebudayaan, pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) OKI Marulak Kurniawan menyampaikan pengumuman pemenang disampaikan pada malam puncak API Awards 2022 di Kota Banda Aceh, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

"Capaian dan prestasi ini adalah buah kesungguhan seluruh masyarakat OKI yang telah berpartisipasi lewat mekanisme e-voting, termasuk dukungan dari Bupati beserta jajaran," kata Ucok, sapaan akrabnya ini.

Ucok mengatakan, pada perhelatan API Awards 2022, Kabupaten OKI lewat makanan para bangsawan pada zaman dulu yang terbuat dari air susu kerbau rawa, 'Gulo Puan' berhasil meraih penghargaan terbaik ketiga kategori makanan khas tradisional.

Tidak hanya itu, kue tradisional khas Kecamatan Kayuagung juga mendapat sertifikat Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI)  dari Kemenkumham RI.

"Kita patut bersyukur dengan potensi yang dimiliki, dan sudah seharusnya kita menjaganya sehingga keotentikan budaya kuliner di OKI bisa dirasakan para generasi muda," imbuhnya.

Disamping itu, OKI juga menerima sertifikat HAKI bolu cupu dari Kemenkumhan pada momen tersebut.

Sebelumnya sudah diterima sertifikat HAKI untuk Tikar Purun, Adat Perkawinan Mabang Handak, Gulo Puan, Tari Penguton, Lelang Lebak Lebung, Jejuluk, Midang, Tanjidur Pedamaran, Biduk Kajang, Gerabah, Kepudang, Tari Cang Cang, Setakatan, Kerupuk Kemplang Kayuagung, dan branding pariwisata It’s OKI.

Sementara itu, Advisor sekaligus Founder API 2022 Patrice Rio Capella mengatakan API Awards ini sudah ada sejak 2006 dan saat ini telah menjelma menjadi salah satu platform promosi destinasi dan produk pariwisata terbesar di Indonesia.

“Sudah lebih dari 1.100 destinasi atau produk yang diangkat dan dipopulerkan melalui ajang API,” tutur Rio.

API Awards ini juga menjadi ajang bagi para penggerak di sektor pariwisata di daerah, untuk mengoptimalkan potensi dan mempromosikan secara masif dan efektif.

“Selamat kepada seluruh pemenang. API selalu memberi kesadaran kepada pemerintah daerah bahwa pariwisata merupakan sumber daya tidak terbatas dan tidak akan ada habisnya,” jelasnya.(jay)

Kredit

Bagikan

BERITA TERKAIT