Capaian MCP dan SPI Kabupaten OKI Diatas Rata-Rata Nasional Diapresiasi KPK

user
Darfian Mahar Jaya Suprana 16 September 2022, 16:33 WIB
untitled

Sriwijayamedia.com - Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) jadi wilayah ketiga dalam rangkaian Roadshow Bus KPK RI pada 16-18 September 2022. KPK RI memberikan apresiasi pada pemerintah Kabupaten OKI karena capaian Monitoring Center for Prevention (MCP) dan Survei Penilaian Integritas (SPI) berada diatas rerata nasional. 

Wawan Wardiana, Deputi Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK RI menyampaikan nilai MCP upaya pencegahan antikorupsi di OKI 78.04 % di tahun 2021 sementara nilai SPI berada di angka 75.

"Selisih nilai MCP dan SPI di OKI tidak cukup besar. Itu artinya ada keseimbangan antara penilaian administrasi dan substansi terkait pencegahan korupsi di OKI," sebut Wawan, Jum'at, (16/9/2022).

Wawan menambahkan bahwa KPK RI strategi trisula pemberantasan korupsi yaitu pendidikan, pencegahan, dan penindakan.

Pendidikan anti korupsi terkait membangun, mengkampanyekan nilai-nilai antikorupsi di semua elemen. Kemudian untuk pencegahan merupakan upaya memperbaiki sistem, memperkecil celah atau kesempatan untuk melakukan korupsi. Kemudian terakhir yaitu penindakan untuk memberikan efek jera.

"Kami menyadari meskipun semua sudah dijalankan masih memerlukan partisipasi dari pihak-pihak lain untuk melaksanakan prinsip 3 L (Lihat, Lawan, Laporan," imbuhnya.

Wawan juga mengapresiasi Kabupaten OKI  yang telah menerima dengan antusias kehadiran Roadshow BUS KPK RI. Setelah dari OKI, pihaknya akan melanjutkan perjalanan ke Provinsi Lampung.

Sementara itu, Bupati OKI H Iskandar, SE., mengatakan Pemkab OKI berkomitmen meningkatkan capai MCP dan SPI dalam rangka perbaiki sistem pencegahan korupsi.

"Terhadap nilai yang akan terus kami tingkatkan agar terus dilakukan perbaikan dalam pencegahan korupsi," jelas Iskandar.

Iskandar juga mengapresiasi dipilihnya Kabupaten OKI sebagai wilayah tujuan Roadshow Bus KPK.

"Terima kasih kepada TIM KPK yang telah menjadikan OKI sebagai salah satu wilayah untuk diadakannya pendidikan antikorupsi. Semoga dengan ini kami dapat melakukan perbaikan-perbaikan sehingga meningkatkan kualitas hidup masyarakat di OKI," beber Bupati OKI.

Iskandar menambahkan dengan kehadiran TIM KPK RI di OKI dapat mematik untuk proses pembelajaran antikorupsi dimulai sejak dini.(jay)

Credits

Bagikan