Lampaui Target Vaksinasi Nasional, Camat Apresiasi Warga Lempuing Jaya

IMG_20211217_190633

Kayuagung, Sriwijaya Media – Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten OKI mencatat hingga 16 Desember 2021 pihaknya berhasil merealisasikan vaksinasi sekitar 90,4 persen atau berada diatas target vaksinasi yang ditetapkan pemerintah pusat sekitar 70 persen diakhir tahun buku 2021.

Atas raihan tersebut, Camat Lempuing Jaya Hendra Anggara, S.STP., mengapresiasi tingginya animo warga ikut serta dalam program percepatan vaksinasi sekaligus mendukung dalam mewujudkan herd immunity atau kekebalan tubuh.

Bacaan Lainnya

“Memang untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 itu memerlukan dukungan dari semua pihak, termasuk warga. Alhamdulillah kesadaran warga Lempuing Jaya ikut suntik vaksin sangat tinggi sehingga raihan vaksinasi di Lempuing Jaya melampaui target vaksinasi nasional atau sekitar 90,4 persen dari target nasional 70 persen diakhir tahun ini,” kata Camat Lempuing Jaya Hendra Anggara, S.STP., Kamis (16/12/2021).

Berdasar data Badan Pusat Statistik (BPS) OKI tahun 2020, kuantitas penduduk di Kecamatan Lempuing Jaya yang menjadi sasaran vaksinasi sekitar 42.000 jiwa.

Jika realisasi capaian vaksinasi telah capai 90,4 persen, artinya pihaknya berhasil mengajak sekitar 39.000 jiwa penduduk diatas 12 tahun keatas disuntik vaksin.

“Ya, sisanya ada sekitar 10 persen warga yang belum disuntik vaksin. Itu karena beberapa faktor seperti adanya penyakit bawaan dan belum miliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), sehingga mereka tidak bisa mengikuti suntik vaksin,” terang Camat.

Sebagai upaya mengunggah dan memicu agar warga mau disuntik vaksin, masih kata dia, pihaknya berkolaborasi dengan Forkopimcam lainnya menggelar gebyar vaksinasi memperebutkan beragam hadiah, seperti sepeda motor, kulkas, kipas angin, setrika dan lainnya.

Dia mengaku aksi keroyok vaksin ini melibatkan berbagai pihak, mulai dari Polsek, Koramil, perbankan, sekolah dan stakeholders lainnya di Kecamatan Lempuing Jaya.

“Kami hanya sekadar memfasilitasinya saja. Gebyar vaksinasi dilaksanakan selama dua hari dimulai 15-16 Desember 2021. Mekanismenya, warga yang mendaftarkan diri untuk disuntik akan mendapatkan kupon undian yang diundi sore harinya, termasuk pula tim vaksinator diikutsertakan dalam memperebutkan hadiah. Alhamdulillah gebyar vaksinasi berjalan aman dan lancar,” paparnya.

Camat pun kembali mengingatkan kepada warga yang telah disuntik vaksin untuk tetap disiplin menegakkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19, dengan selalu memakai masker.

“Masker dan suntik vaksin ini merupakan dua sejoli yang tak terpisahkan selama masa pandemi Covid-19. Mari kita bersama-sama mengikuti anjuran pemerintah agar mata rantai penularan Covid-19 dapat terputus dan sirna dari muka bumi,” jelas Hendra.(jay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *