Moda Transportasi Terlengkap, Menhub RI : Palembang Model Bagi Kota Lain

IMG_20220106_203028

Palembang, Sriwijaya Media – Sebagai kota yang dinilai memiliki moda transportasi terlengkap di seluruh Indonesia, Kota Palembang diharap dapat menjadi model bagi kota-kota lainnya untuk dapat diterapkan keberhasilannya.

Hal tersebut disampaikan langsung Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi, dalam kegiatan kunjungan kerja (kunker) terkait rencana Integrasi Layanan Transportasi di wilayah Kota Palembang dan pembangunan pelabuhan Palembang Baru (New Palembang) di Tanjung Carat, bertempat di Griya Agung Palembang, Kamis (6/1/2022).

Bacaan Lainnya

“Palembang merupakan kota yang memiliki fasilitas terlengkap di seluruh Indonesia, ada LRT, Bus ada angkot oplet, serta angkutan air. Secara khusus, ini menjadi model sehingga nantinya satu kali keberhasilan yang ada di kota Palembang bisa kita terapkan di kota-kota lainnya,” kata Budi.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru sangat berterima kasih sekali bahwa Menhub RI telah care terhadap persoalan transportasi di Kota Palembang.

“Kami yang berdomisili disini sangat merasakan kepadatan lalu lintas. Namun perlahan bisa diurai karena sudah ada solusinya. Kita sudah memiliki moda transportasi modern nan nyaman, dan murah,” tutur Deru.

Terpisah, Walikota (Wako) Palembang H Harnojoyo menyampaikan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang kedepan akan mengintegrasikan seluruh moda transportasi ke LRT, khususnya angkutan umum oplet.

“Seperti yang disampaikan bapak Menteri tadi, bahwa angkutan massal di Kota Palembang adalah yang tersorot, mulai dari bus darat, LRT, dan bus sungai. Kedepan ini akan diupayakan oplet terintergrasi ke LRT,” papar Harno.

Saat ini pihaknya akan terus berupaya memaksimalkan penggunaan angkutan umum bagi masyarakat Kota Palembang.

Wako dua periode itu menambahkan keberadaan moda transportasi yang ada saat ini diharapkan mampu memberikan pelayanan maksimal bagi para pengguna, baik dari sisi keamanan, maupun kenyamanan.

“Nanti dalam waktu dekat ini rute bus, mulai dilayani oleh BRT maupun media service. BRT ada 3 rute dan media service ada 4 rute, ini akan kita kolaborasikan, sehingga menjadi 5 rute,” tuturnya.

Wako mengaku telah meminta rute-rute baru yang menghubungkan ke LRT dapat segera terlaksana di awal Februari mendatang.

“Mudah-mudahan ini akan terealisir secara maraton. Jadi angkutan yang terintegerasi di Kota Palembang serta keberadaan LRT ini dapat terlaksana dan maksimal,” jelasnya.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *