Kapolres Lahat Pimpin Rakor Bahas Pelaksanaan Tahapan Pilkada 2024

Kapolres Lahat AKBP God Parlaso Sinsitor Sinaga, SH., S.Ik., MH., memimpin rakor membahas pelaksanaan tahapan Pilkada Kabupaten Lahat tahun 2024, di Ruang Pengendalian Polres Lahat, Selasa (10/9/2024)/sriwijayamedia.com-sisil

Sriwijayamedia.com- Kapolres Lahat AKBP God Parlaso Sinsitor Sinaga, SH., S.Ik., MH., memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) pembahasan pelaksanaan tahapan Pilkada Kabupaten Lahat tahun 2024, di Ruang Pengendalian Polres Lahat, Selasa (10/9/2024).

Rakor juga dihadiri langsung Ketua KPU Lahat Sarjani ; Komisioner KPU Lahat Divisi Hukum dan Pengawasan Agusman Askoni; Komisioner KPU Lahat Divisi Program, Data dan Informasi Emil Asy’ari; Ketua Bawaslu Lahat Nana Priana, S.Hi., MM., ; Komisioner Bawaslu Lahat Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat Andra Juarsyah, S.Pd., M.Pd., ; Komisioner Bawaslu Lahat Divisi Penanganan Pelanggaran Ikhwan Zamroni, ST., ; Komisioner Bawaslu Lahat Divisi Hukum Ario Kesuma Wijaya, S.Kom., ; Kasubbag Dal Ops Polres Lahat Iptu Dwi Juniarto; Kanit Politik Sat Intelkam Polres Lahat Ipda Agus S.K., A.Md., ; Perwakilan Tim Pemenangan pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati (Wabup) Lahat H Bursah Zarnubi – Widya Ningsih, SH., MH., Parisman dan A Syahri Kurnianto (Sekretaris) ; Perwakilan Tim Pemenangan paslon Bupati dan Wabup Lahat Hj Lidyawati, S.Hut.,- H  Haryanto, SE., MM., Ganda Taruna (Sekretaris) ; Perwakilan Tim Pemenangan paslon Bupati dan Wabup Lahat Yulius Maulana, ST., – DR Budiarto Marsul, SE., M.Si., Ismet Taher dan Nanda.

Bacaan Lainnya

Dalam rakor, Kapolres Lahat AKBP God Parlaso Sinsitor Sinaga menegaskan jika suatu kegiatan tidak dikomunikasikan dengan baik, maka dapat terjadi miskomunikasi dan bisa menimbulkan potensi kerawanan.

Oleh sebab itu, pihaknya “jemput bola” agar pelaksanaan Pilkada Lahat berjalan aman dan tertib.

“Kami telah mempersiapkan 4 Walpri dan 2 ADC setiap paslon dalam rangka memastikan keamanan paslon dan masing-masing 1 orang Walpri untuk Ketua KPU Lahat dan Bawaslu Lahat,” terang Kapolres.

Kapolres menjelaskan tugas pokok dari Walpri adalah memastikan keamanan paslon, Ketua KPU Lahat dan Bawaslu Lahat.

Menurut Kapolres, Walpri yang akan ditugaskan memberikan keamanan kepada paslon, Ketua KPU Lahat dan Ketua Bawaslu Lahat tidak boleh dilibatkan dalam kegiatan politik praktis yang dapat menimbulkan persepsi ketidaknetralan Polri.

“Polres Lahat juga telah menyiapkan mobil patwal masing-masing paslon,” paparnya.

Kapolres berharap KPU Lahat selaku penyelenggara Pilkada dan Bawaslu Lahat selaku pengawas Pilkada dapat melaksanakan seluruh tahapan Pilkada Lahat tahun 2024 secara profesional dan berintegritas serta bersikap adil kepada seluruh paslon.

Dalam rangka pengamanan pelaksanaan Pilkada Kab Lahat tahun 2024, Polres Lahat sedang mempertimbangkan untuk pemasangan CCTV di gudang KPU Lahat dan digudang PPK serta tempat berlangsungnya rapat pleno tingkat PPK dan KPU.

Polres Lahat juga telah melatih petugas pengamanan Pilkada untuk profesional mengamankan sasaran seperti petugas penyelenggara, kotak suara dan proses pemungutan serta penghitungan suara.

“Rakor ini sebagai rakor awal kami sebagai pihak keamanan Polres Lahat, KPU agar melaksanakn rapat teknis dan mengundang pihak-pihak terkait,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Lahat Sarjani menambahkan untuk penetapan paslon, pihaknya akan melalukan rapat pleno tertutup dan berita acara hasil penetapan akan diserahkan ke paslon.

Selain itu, pihaknya akan mengadakan rapat teknis membahas tahapan penetapan dan pengundian nomor urut.

“Pengundian nomor urut, kami telah minta bantuan pihak ketiga serta kami masih menunggu juknis dari KPU RI,” terangnya.

Pada 25 September 2024, kata dia, akan mulai dilaksanakan tahapan kampanye dan pihaknya akan menyampaikan surat keputusan Pemkab Lahat dan sebelum mulai kampanye akan ada deklarasi kampanye damai.

Ketua Bawaslu Lahat Nana Priana, S.Hi., MM., menuturkan saat ini tahapan Pilkada telah melewati tahapan-tahapan dan akan dilaksanakaan sesuai PKPU No 8/2024.

Pihaknya juga berharap KPU memastikan kenyamanan dan keamanan pada saat penetapan dan pengundian nomor urut paslon.

“Kami juga minta KPU dapat menjelaskan tempat-tempat kampanye akbar dan dapat berlaku adil terhadap paslon,” ujarnya.(sisil)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *