Klaim Peduli Lingkungan, SMBR Bantu Sarana Perikanan Senilai Rp150 Juta

Senior Manager of CSR SMBR Gili Aprial Braja bersama PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah menyerahkan bantuan ke Pokdakan di OKU/sriwijayamedia.com-rnj

Sriwijayamedia.com- Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) selaku anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) menyerahkan bantuan senilai Rp150 juta kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) dan Kelompok Pengelolaan dan Pemasar Ikan (Poklahsar) di Kabupaten OKU.

Penyerahan bantuan diserahkan langsung Senior Manager of CSR SMBR Gili Aprial Braja bersama PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah, S.STP., MM., M.Pd., didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Ir Hj Tri Aprianingsih, Asisten III Setda OKU Romson Fitri, SH., Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) OKU Kadarisman, S.Ag., M.Si., serta pihak terkait.

Bacaan Lainnya

Hadir juga Ketua Kelompok Mandiri Jaya Agus Sutikno dan warga masyarakat Desa Marta Jaya.

Senior Manager of CSR SMBR Gili Aprial Braja kepada wartawan menjelaskan, bantuan ini diberikan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan khususnya Kabupaten OKU.

“Pemberian bantuan ini sejalan dengan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN,” kata Gili didampingi Manager CSR Afrizal, Rabu (29/11/2023).

Dia mengatakan bantuan yang diberikan SMBR senilai Rp 150 juta ini bersumber dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) SMBR.

Meliputi untuk peningkatan sarana dan prasarana pembangunan budidaya maggot sebesar Rp52.500.000, peningkatan sarana dan prasarana pembangunan budidaya cacing sutera sebesar Rp52.500.000, serta peningkatan sarana dan prasarana demplot budidaya ikan gabus sebesar Rp45.000.000.

Adapun penerima bantuan ini adalah pembuatan rumah budidaya maggot untuk Pokdakan Bening Jaya Mukti Kecamatan Lubuk Raja. Kemudian pembuatan rumah produksi budidaya cacing sutra untuk Pokdakan Karya Mandiri Jaya.

Lalu bantuan untuk pembuatan Sumur bor, pintu pengatur air dan Sapras budidaya ikan gabus, di demplot Budidaya Gabus Desa Martajaya Kecamatan Lubukraja.

Pihaknya berkomitmen ikut mendukung program Pemkab OKU dalam mendorong percepatan Pokdakan dan Poklahsar di OKU.

“Alhamdulillah kami bersama Bupati OKU bisa menyerahkan langsung bantuan kepada Pokdakan dan Poklahsar. Insya Allah, jika ini maju, SMBR akan terus support dan memberikan bantuan dalam bentuk lain,” jelas Gili.

Gili berkeinginan memiliki lokasi budidaya ikan seperti yang ada di Desa Marta Jaya. Sehingga, nantinya pihak PT Semen Baturaja Tbk bisa mengajak masyarakat Ring I melakukan budidaya seperti yang dilakukan di Desa Marta Jaya.

“Nanti kita buat di area kita (PT Semen Baturaja), disini sudah ada tenaga ahlinya. Nanti kami fasilitasi dengan mengadakan pelatihan sehingga masyarakat Ring I bisa belajar,” tegas Gili.

Sementara itu, Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah mengapresiasi atas bantuan yang diberikan PT Semen Baturaja untuk pengembangan budidaya ikan di Desa Marta Jaya.

Bupati sangat berterima kasih kepada PT Semen Baturaja yang terus konsen membantu masyarakat OKU.

“Saya juga berikan apresiasi kepada Ketua Kelompok Mandiri Jaya Desa Martaja Kecamatan Lubukraja Agus Sutikno yang telah mendedikasikan diri dalam program budidaya ikan ini,” imbuhnya.

Kedepan, kata Teddy, Batumarta akan menjadi sentra semua jenis ikan. Selain tempat budidaya ikan gabus, kedepan semua ikan akan dibudidayakan di Batumarta.

Teddy berpesan kepada Agus Sutikno agar menjadi pilot project budidaya ikan dan membagikan ilmunya kepada Pokdakan lainnya yang ada di Kabupaten OKU.

“Bagikanlah ilmunya kepada siapapun, agar OKU kedepan menjadi sentra budidaya ikan,” harap bupati.(rnj)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *