Manfaatkan Lahan 2 Hektar, SMAN 14 Palembang Budidayakan Ikan

Kepala SMAN 14 Palembang Hj Nyayu Nurlaila, M.Pd., saat menabur benih ikan di kolam, Jum'at (23/12023)/sriwijayamedia.com-ton

Sriwijayamedia.com- Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 14 Palembang berada di Jalan Pangeran Ayin (Kenten) Talang Buluh Kecamatan Sako Kota Palembang memanfaatkan lahan yang dimiliki sekitar 2 hektar untuk budidaya ikan dan tanaman.

“Budidaya ikan dan tanaman ini dilakukan siswa/i kelas XI di pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU). Budidaya ikan ini sebenarnya sudah berlangsung sejak dua tahun terakhir,” kata Kepala SMAN 14 Palembang Hj Nyayu Nurlaila, M.Pd., usai menabur benih ikan di kolam, Jum’at (23/12023).

Menurut dia, awalnya kolam itu untuk menampung debit air yang tinggi, sebagai antisipasi agar lingkungan sekolah tidak banjir.

Namun seiring berjalannya waktu, akhirnya kolam dimanfaatkan untuk budidaya ikan.

“Awalnya kami tebar 3.000 ikan lele. Sekitar 2-3 bulan kedepan panen menghasilkan 100 kilogram ikan lele. Ternyata menguntungkan,” akunya.

Dia berharap kedepan para siswa/i dapat menjadi wirausahawan mandiri yang dapat membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *