Ini Wujud Nyata Pengabdian Kodim 0402/OKI di Moment Hari Pahlawan

Memperingati hari Pahlawan, Kodim 0402/OKI melakukan pengecatan dan pembersihan monumen patung pejuang Serma Abdul Muis, di Desa Batun Baru Kecamatan Jejawi Kabupaten OKI, Selasa (7/11/2023)/sriwijayamedia.com-jay

Sriwijayamedia.com- Dalam rangka memperingati hari Pahlawan, Kodim 0402/OKI bekerja sama dengan perangkat Desa Batun Baru dan masyarakat setempat melaksanakan Karya Bakti pengecatan dan pembersihan monumen patung pejuang Serma Abdul Muis, yang berada di Desa Batun Baru Kecamatan Jejawi Kabupaten OKI, Selasa (7/11/2023).

Kasdim 0402/OKI Mayor CZI Saipul Anwar mengatakan kegiatan karya bakti ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2023.

Bacaan Lainnya

“Ini kita laksanakan secara rutin tiap tahun sebagai wujud cinta kepada para pahlawan dan upaya menanamkan nilai nilai kejuangan pada masyarakat, khususnya para generasi muda,” terang Kasdim.

Adapun kegiatan yang dilakukan adalah mengecat monumen patung Serma Abdul Muis serta membersihkan area di seputaran monumen.

Kegiatan pembersihan dan pengecatan ini merupakan wujud kepedulian terhadap para pejuang kemerdekaan dan pendahulu yang rela berkorban demi bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Selain itu pula untuk mengingatkan kami yang masih berdinas aktif di TNI AD dan masyarakat agar selalu menjaga hasil perjuangan yang telah diraih dengan susah payah sampai saat ini,” ungkap Kasdim.

Kasdim menambahkan, kegiatan pembersihan dan pengecatan monumen patung Serma Abdul Muis ini dilaksanakan swadaya Kodim 0402/OKI dan partisipasi masyarakat Desa Batun Baru.

“Melalui kegiatan ini kami berharap ada perhatian dari pemerintah daerah untuk merawat dan memelihara monumen tersebut, terutama masalah kebersihannya. Siapa lagi yang akan merawat dan memeliharanya kalau bukan kita semua. Ini sebagai bentuk wujud penghargaan kita terhadap para pahlawan dan pejuang bangsa,” jelasnya.

Diketahui monumen tersebut didirikan pada tahun 1984, untuk mengenang sosok Serma Abdul Muis, pejuang syahid yang menyelamatkan Jejawi dari serangan tentara Netherland Indies Civil Administration (NICA) – Pemerintahan Sipil Hindia Belanda) pada tahun 1947 silam.(jay)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *