Kepala Disbun Lepas Ekspor Benih Sawit Unggul ke Peru dan Amerika

Kepala Disbun Sumsel Ir Agus Darwa, M.Si., bersama PT BSM melepas kegiatan ekspor 52.500 benih sawit unggul ke Negara Peru, dan Amerika Selatan, ditandai dengan pemecahan kendi, Senin (16/10/2023)/sriwijayamedia.com-ton

Sriwijayamedia.com – Kepala Disbun Sumsel Ir Agus Darwa, M.Si., bersama PT Bina Sawit Makmur (BSM) melepas kegiatan ekspor 52.500 benih sawit unggul ke Negara Peru, dan Amerika Selatan, ditandai dengan pemecahan kendi, Senin (16/10/2023).

Benih sawit unggul sebanyak 52.500 butir yang dilaksanakan oleh PT Bina Sawit Makmur (BSM), yang merupakan  anak PT Sampoerna Agro, Tbk.

Bacaan Lainnya

“Ekspor ini bukan pertama kali dilakukan, tapi sudah sering. Namun hari ini untuk pertama kali ke Peru,” ujar Kepala Disbun Sumsel Ir Agus Darwa, M.Si.

Dia menilai kebutuhan akan kecambah sawit di Sumsel ini cukup menjanjikan.

Dia mengilustrasikan Sumsel ini memiliki 1,29 juta hektar perkebunan yang semuanya membutuh bibit.

Terlebih pihaknya telah merekomendasikan untuk peremajaan sawit capai 59 ribu hektar.

“Tugas Disbun melalui UPTD Pengawasan Sertifikasi melakukan pemeriksaan dan pengawasan penyeleksian kecambah, mulai dari kecambah, hasil, sampai dengan dijadikan bibit, terus ke bibit besar,” ulasnya.

Dengan adanya ekspor ini, pihaknya berharap kecambah atau bibit yang berasal dari Sumsel akan dikenal di pelosok dunia.

“Benih berasal dari Sumsel ini adalah benih-benih yang memang benar-benar unggul. Diharapkan nanti akan dilirik oleh negara-negara lain,” jelasnya.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *