Dinkes Lahat Launching Vaksinasi PVC dan Kejar Imunisasi Dasar Lengkap Tahun 2022

Seorang balita tengah diberikan vaksinasi PVC, di halaman GOR Bukit Tunjuk, Lahat, Senin (12/12/2022)/sriwijayamedia.com-sisil

Sriwijayamedia.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Lahat melaunching Pnemococcal Conjugate Vaccine (PCV) dan Kejar Imunisasi Dasar Lengkap tahun 2022, di halaman Gedung Olahraga (GOR) Bukit Tunjuk, Lahat, Senin (12/12/2022).

Kegiatan dengan mengusung tema, “Lahat Sehat Bercahaya” itu  dibuka Kepala Dinkes Lahat Taufiq M Saputra, SKM., MM.,  dihadiri Ketua Tim PKK Lahat Lidyawati Cik Ujang dan lainnya.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah hari ini kita dapat melaunching vaksinasi dan kejar imunisasi dasar lengkap Kabupaten Lahat tahun 2022. Kegiatan ini perlu dilakukan karena pada masa pandemi ada sejumlah 1,7 juta anak di Indonesia belum mendapat imunisasi dasar lengkap seperti BCG, Campak, Polio, DPT dan hepatitis yang kini banyak menyerang belita,” kata Kepala Dinkes Lahat Taufiq M Saputra, SKM., MM.

Pihaknya meminta partisipasi dan bantuan seluruh komponen di Bumi Seganti Setungguan, mulai dari Forkopimda, fasilitas kesehatan dan bantuan dari organisasi profesi serta Tim Penggerak (TP) PKK, organisasi keagamaan untuk bergerak bersama agar target imunisasi tercapai.

Dia menerangkan hal yang menjadi perhatian saat ini adalah hepatitis akut yang masih belum diketahui penyebabnya.

Dia mengaku pihaknya tetap melakukan edukasi, pola hidup bersih dan tetap menjaga protokol kesehatan (prokes).

“Petugas kesehatan diminta agar dapat terus memberikan imbauan dan informasi kepada masyarakat tentang vaksinasi PCV dan kejar imunisasi dasar lengkap, untuk menuju Lahat Sehat Bercahaya,” ajaknya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Lahat Lidyawati Cik Ujang mengatakan imunisasi ini sangatlah penting bagi belita guna mencegah dari penyakit berbahaya yang saat ini sedang menyebar.

“Alhamdulillah selama hampir 4 tahun ini angka stunting di Kabupaten Lahat menurun. Mudah- mudahan tahun mendatang angka stunting semakin menurun,” paparnya.

Dia mengajak lapisan masyarakat agar dapat terus melakukan sosialisasi vaksinasi PCV dan kejar imunisasi dasar lengkap.(sisil)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *