Samakan Persepsi, DPUPR Lahat Sosialisasikan SIMBG

DPUPR Lahat mensosialisasikan SIMBG ke instansi pemerintah dan swasta, di Hall Hotel Buser Lahat, Rabu (30/8/2023)/sriwijayamedia.com-sisil

Sriwijayamedia.com – Dinas Pekerjaan Umum, dan Penataan Ruang (DPUPR) Lahat mensosialisasikan Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) ke instansi pemerintah dan swasta, di Hall Hotel Bukit Serelo (Buser) Lahat, Rabu (30/8/2023).

Hadir dalam sosialisasi itu antara lain Bupati Lahat H Cik Ujang, SH., narasumber dari Dinas Perkim Sumsel Dr Ir KM Aminudin, ST., MT., IPM., ASEAN., Eng., narasumber Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumsel Endang Surya, SH., ST., M.Si., Kepala OPD terkait dan lainnya.

Bacaan Lainnya

Bupati Lahat H Cik Ujang SH mengatakan sosialisasi SIMBG ini bertujuan menyamakan persepsi, memberikan pemahaman dan pengembangan wawasan sistem elektronik berbasis web yang digunakan untuk melaksanakan proses penyelenggaraan PBG, SLF, SBKBG, RTB, dan pendataan disertai dengan informasi terkait penyelenggaraan bangunan gedung.

“Pemerintah daerah melalui DPUPR dapat memfasilitasi penyelesaian permasalahan yang dihadapi pemilik sebuah gedung atau perwakilannya untuk memulai pembangunan, merenovasi, merawat, atau mengubah bangunan gedung tersebut sesuai dengan yang direncanakan,” terang Bupati.

H Cik Ujang mengharapkan kepada peserta agar dapat berperan aktif dalam membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat dalam penyelenggaraan bangunan gedung sehingga lebih tertib dan transparan, sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

“Diharapkan proses penyelenggaraan bangunan gedung juga menjadi lebih efektif dan koordinasi antar perangkat daerah terkait menjadi lebih jelas, terintegrasi secara elektronik atau online, melalui online single submission (OSS),” jelas Bupati.

Dalam laporannya, Kepala DPUPR Lahat Mirza Azhari, ST., MT., mengatakan Kabupaten Lahat menjadi kabupaten kedua mengadakan SIMBG ini.

“Sosialisasi ini dianggap perlu, karena ini terjadinya perubahan paradigma dari yang tadinya bernama IMB berubah menjadi PBG. Jadi, kami disini berkolaborasi dengan pihak PTSP mengadakan sosialisasi ini agar tidak ada dusta diantara kita,” imbuhnya.

Melalui sosialisasi ini, pihaknya berharap dapat memberi pemahaman kepada pemerintah, swasta dan masyarakat, dimana saat ini semakin ramai mendirikan bangunan gedung sehingga lebih memperhatikan kelengkapan administrasi dengan sistem dan inovasi yang terpadu melalui sistem digital.

“Ada 60 peserta yang terlibat dalam sosialisasi, meliputi OPD, kecamatan, kelurahan, kepala desa, pelaku usaha, pelaku usaha swasta di bidang Pemukiman dan Perumahan (REI),” urainya.

Sementara itu, narasumber dari Dinas Perkim Sumsel Dr Ir KM Aminudin, ST., MT., IPM., ASEAN., Eng., mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Tahun ini memang baru Kabupaten Lahat berinisiatif melaksanakan sosialisasi SIMBG dan mengundang Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumsel sebagai wujud sinergisitas antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota. Semoga hal ini juga selaras dengan visi dan misi Bupati Lahat yaitu membangun bersama, memajukan kesejahteraan menuju Lahat bercahaya,” pungkas Aminudin.(Sisil)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *