Tak Ada Penundaan, Gubernur Deru Tegaskan Porprov Lahat 17 September

Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi Bupati Lahat H Cik Ujang, SH., saat meninjau sejumlah venue, Rabu (16/8/2023)/sriwijayamedia.com-sisil

Sriwijayamedia.com – Gubernur Sumsel H Herman Deru menegaskan bahwa pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XIV di Kabupaten Lahat tidak ada penundaan dan tetap dijadwalkan 17 September 2023 mendatang.

“Setelah melakukan pengecekan di beberapa venue, bahwa Lahat siap, dan pelaksanaan Porprov sesuai jadwal,” tegas Gubernur Sumsel H Herman Deru didampingi Bupati Lahat H Cik Ujang, SH., saat meninjau sejumlah venue, Rabu (16/8/2023).

Bacaan Lainnya

Deru menyebutkan hal yang dikhawatirkan terkait pelaksanaan Porprov ialah venue. Sementara dari hasil pengecekan dan pemantauan ke beberapa venue bahwa pelaksanaan cabor yang akan dipertandingan dapat dilaksanakan.

“Tapi untuk panitia cabor juga harus melakukan pengecekan lagi terkait ukuran lapangan agar sesuai standar,” bebernya.

Deru mengaku akan kembali datang dalam waktu sekitar satu atau dua minggu kedepan, guna mengecek kesiapan seluruh venue, termasuk fasilitas air dan transportasi bagi para atlet dan official serta homestay dan lainnya.

Dia juga meminta agar seluruh pihak kabupaten/kota mulai membranding pelaksanaan Porprov pada 17 September -24 September 2023 dan Kabupaten Lahat sebagai tuan rumah.

Selain itu, Gubernur Sumsel menekankan agar Pemkab Lahat dapat memanfaatkan moment ini sebagai ajang olahraga untuk mengumpulkan perwakilan dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Sumsel.

Dengan mendorong dan mempromosikan wisata, budaya, UMKM dan lainnya yang menjadi ciri khas Kabupaten Lahat.

“Porprov di Lahat ini momentum pengenalan sektor pariwisata, ekonomi, sosial dan budaya. Jadi harus dimanfaatkan oleh Kabupaten Lahat,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Lahat H Cik Ujang, SH., mengungkapkan bahwa pihaknya siap melaksanakan Porprov dan sejumlah venue terus dikejar pembangunannya.

Bahkan, pihak perusahaan juga ikut andil dalam pelaksanaan Porprov, seperti untuk perbaikan dan pembangunan venue.

“Jadi Lahat siap dan tidak ada keinginan penundaan,” tegasnya.

Sekda Lahat Chandra, SH., menambahkan bahwa pelaksanaan Porprov 2023 dijadwalkan 17 September 2023 mendatang.

Segala persiapan mulai dijalankan Pemkab Lahat dan stakeholder terkait lainnya, termasuk perusahaan -perusahaan yang ada. Mulai dari atlet, venue, sarana dan prasarana seperti mess, homestay, hingga proses pelaksanaan lainnya.

Bahkan yang menadi perhatian utama dan dibahas ialah terkait menciptakan rasa aman dan nyaman bagi para kontingen serta tamu.

“Kami ingin gelaran olahraga tingkat provinsi ini berkesan bagi para tamu. Untuk itu, seluruh kepala OPD wajib menjadi Liaison Officer (naradamping), petugas yang menjadi penghubung antara tamu delegasi dengan panitia penyelenggara. Terapkan senyum, ramah, sapa serta memastikan bahwa tamu dan kontingen merasa aman dan nyaman,” jelasnya.

Terpisah, Ketua KONI Lahat Kalsum Barefi melanjutkan untuk kesiapan atlet terus diasah. Bahkan jelang pelaksanaan Porprov, para atlet diikutkan dalam kejuaraan- kejuaran.

Untuk target, tentu Kabupaten Lahat harus menjadi juara umum. Pihaknya optimistis beberapa cabor akan banyak mendulang emas.

“Dalam Porprov 17 September nanti akan mempertandingkan 44 cabor,” paparnya.(Sisil)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *