Wujudkan Media Beradab, Kodam II/Sriwijaya – IWO Sumsel Siap Kerja Sama

Suasana audiensi pengurus IWO Sumsel periode 2022-2027 dan Kasdam II/Swj Brigjen TNI Ruslan Effendy, S.IP., beserta jajarannya di ruang kerjanya, Senin (26/6/2023)/sriwijayamedia.com-ocha

Sriwijayamedia.com – Kodam II/Sriwijaya menyatakan siap bekerja sama dalam mewujudkan iklim media beradab. Hal itu dikatakan Kasdam II/Swj Brigjen TNI Ruslan Effendy, S.IP., saat menerima Ketua terpilih Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumsel periode 2022-2027 Efran dan jajarannya, di ruang kerjanya, Senin (26/6/2023).

Pernyataan Kasdam II/Sriwijaya ini merespon penjelasan IWO Sumsel yang menggagas perlunya kerja sama program IWO Sumsel dan Kodam II Sriwijaya dalam peningkatan kualitas peradaban media.

Bacaan Lainnya

Pentingnya hal ini, kata Efran, wartawan sebagai aktor intelektual dalam menulis berita harus banyak mengetahui tentang kemiliteran, bukan sebatas dari luarnya, melainkan diperlukan pengetahuan mendalam tentang nilai-nilai kemiliteran.

“Harapan kami, dengan pengetahuan tentang nilai-nilai kemiliteran, semangat perjuangan TNI yang diketahui ini, nantinya bisa menjadi pelajaran bagi para wartawan, terutama berkaitan dengan upaya meningkatkan ketahanan nasional melalui media,” ujar Efran.

Bentuk kerja sama ini, masih kata Efran, IWO Sumsel dan Kodam II/Sriwijaya akan melakukan pendidikan jurnalistik berbasis militer, baik bersifat transfer konwledge (pengetahuan) atau juga transfer skill (keahlian) TNI, seperti tentang survival (daya bertahan hidup) di tengah perjuangan.

“Bentuk pelatihan ini nantinya bisa dengan diskusi dan juga outbond, yang langsung dibina oleh TNI dari Kodam II Sriwijaya,” terang Efran.

Kegiatan ini tidak sedang menciptakan wartawan menjadi tentara. Tetapi untuk berbagi pengetahuan antara wartawan dan aparat TNI.

Sebab, antara wartawan dan aparat memiliki kesamaan, yang harus berjuang keras untuk bangsa, baik secara fisik dan juga intelektual.

“Program ini bukan memaksa wartawan menjadi militer, bukan, tetapi lebih kepada penguatan pengetahuan, wawasan wartawan tentang kemiliteran juga pendidikan fisik, yang diperlukan wartawan ketika melakukan tugas jurnallistik,” paparnya.

Sementara itu, Kasdam II/Sriwijaya Brigjen TNI Ruslan Effendy, S.IP., merespon positif rencana itu. Pihaknya sangat terbuka untuk bekerja sama dengan IWO Sumsel, dalam pendidikan wartawan berbasis militer.

“Melalui audiensi ini akan lebih bisa saling mengenal. Harapannya di masa mendatang Kodam II/Sriwijaya dan IWO Sumsel bisa melakukan kerjacsama, melalui program pengembangan dan peningkatan peradaban media di Sumsel, yang tetap diselaraskan dengan program Kodam II/Sriwijaya,” imbuhnya.

Audiensi IWO Sumsel ini dilakukan sekaligus mengundang Pangdam II/Sriwijaya hadir di pelantikan pengurus IWO Sumsel periode 2022-2023, pada 4 Juli 2023 di Ruang Bina Praja Pemerintah Provinsi Sumsel.

Pada kesempatan itu, Kasdam II/Sriwijaya siap berkenan hadir pada pelantikan pengurus IWO Sumsel periode 2022-2027, mewakili Pangdam yang saat ini masih menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Makkah.(ocha)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *