Jelang Mudik Lebaran, Tol PPKA Hanya Bisa Dilintasi Siang Hari

_news_20190517144311whatsapp-image-2019-05-17-at-14.33.39

Kayuagung, Sriwijaya Media-Guna kesiapan untuk jalur arus mudik dan balik lebaran Idul fitri 1440 Hijriah, Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs M Zulkarnain Adinegara beserta rombongan melakukan pengecekan serta survey jalan tol Kapalbetung dari Palembang dan jalan tol Kayuagung-Lampung melintasi tol Pematang Panggang Kayuaagung (PPKA), Kamis (16/5).

Paur Subbag Humas Polres OKI Ipda M Nizar menerangkan sekitar pukul 13.30WIB, Kapolda berangkat dari Palembang menyusuri jalan tol Kapalbetung melintasi Kecamatan Jejawi. Lalu sekitar pukul 14.10WIB, rombongan Kapolda tiba di pertigaan pintu masuk tol Kapalbetung dan PPKA Desa Arisan Buntal Kecamatan Kayuagung, disambut Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syahputra dan Kapro Hutama Karya, Hartono.

Bacaan Lainnya

Nizar mengatakan rombongan Kapolda melanjutkan perjalanan menyusuri jalur tol PPKA, dan tiba di STA 175 +100 untuk berhenti dan berdialog dengan warga setempat yang memasang papan plang portal di tengah akses jalan tol.

Kapolda meminta kepada warga itu untuk tidak menutup jalan atau menghalangi kendaraan melintas, serta meminta agar tidak menghambat pekerjaan proyek tol.

Selain Kapolda, ikut dalam pengecekan dan survey jalan tol Kapalbetung dan tol PPKA dari Palembang sampai ke perbatasan tol Lampung yaitu Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol Dwi Asmoro, Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra, Kabag Bin Ops Ro Ops Polda Sumsel AKBP Erwin, Kasat PJR Kompol Indra Waspada, Kasat Lantas Polres OKI AKP Ricky Nugraha, Kabid Dal Ops Dishub OKI Mopul Arzuan dan Kanit IV Kamneg Sat IK Polres OKI Ipda M Indra Gunawan serta anggota.

Adapun hasil giat survey pengamatan di lapangan antara lain, trase jalan tol dari Palembang melintasi tol Kapalbetung menuju Perbatasan Lampung melintasi tol PPKA. Progres pengerjaan fisiknya sudah mencapai 85 persen, akses jalan sudah beraspal dan dicor beton, sedangkan 15 persen masih agregat padat yang sudah siap pengerjaan cor beton dan pengaspalan.

“Jarak tempuh tol PPKA (Pematang panggang – Kayuagung) sampai ke perbatasan masuk tol Lampung (Jembatan Sungai Mesuji Sungai Sodong) menempuh jarak sepanjang lebih kurang 104 Km dengan kecepatan rata-rata 60-80 Km/jam. Kondisi jalan sekarang memakan waktu lebih kurang 2 jam,” jelas Nizar.

Untuk progres pengerjaannya, berdasarkan keterangan dari Hartono selaku Kapro Infrastruktur Tol Sumatera, bahwa secara umum dan secara keseluruhan progres pengerjaan tol Kapalbetung dan PPKA sampai ke perbatasan tol Lampung sudah mencapai 85 persen. Untuk akses trase mainroadnya memang belum beroperasional, namun secara fungsional sudah dapat difungsikan dan dilalui.

Namun, hanya terbatas untuk siang hari saja, mulai pukul 06.00WIB–18.00WIB, guna keamanan pengendara selama melintas di trase mainroad tol Kapalbetung dan PPKA sampai ke perbatasan Lampung. Mengingat kondisi sepanjang trase mainroad tol PPKA sampai ke perbatasan Lampung belum ada lampu penerangan jalan, sehingga sangat rawan.

“Untuk sepanjang akses trase mainroad tol PPKA, mulai dari STA 165 sampai dengan STA 117 Sungai Sodong perbatasan Lampung, sinyal jaringan seluler sangat lemah dan terkadang tidak ada jaringan, karena belum ada tower provider jaringan seluler terdekat disepanjang jalur tersebut, sehingga sulit berkomunikasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.(abu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *