Maju Pilkades di OKU, Ipan Suri Siapkan 8 Program Unggulan

IMG_20200206_123007

-Petani Diperhatikan, Layanan Masyarakat Kita Tingkatkan

Baturaja, Sriwijaya Media – Sejumlah desa di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 2020 ini. Diantaranya seperti Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten OKU.

Bacaan Lainnya

Calon Kepala Desa (cakades), Ipan Suri, berprofesi keseharian sebagai petani, namun pengalamannya dalam memimpin tidak diragukan lagi. Bapak dari empat orang anak ini pernah menjabat dua periode sebagai komisioner Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) di wilayahnya.

Maju bersaing di Pilkades bukan semata-mata untuk meraih kursi nomor satu di tingkat desa. Melainkan didasari dari niat dan cita-cita pengabdiannya untuk masyarakat, khususnya di Desa Padang Bindu.

8 program kerja unggulan yang disiapkan untuk mencalonkan diri sebagai cakades bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan memperbaiki penyelenggaraan pelayanan masyarakat dan pembangunan di desa.

Adapun 8 program dimaksud antara lain peningkatan kegiatan keagamaan, transparansi pengelolaan APBDes, administrasi gratis termasuk pembuatan KK dan KTP, santunan kematian, pembangunan fasilitas olahraga untuk muda mudi, pengembangan BUMdes melalui pemberdayaan muda mudi dan karang taruna, perhatian lebih fokus untuk infrasturktur daerah talang serta pemerataan pembinaan PKK dan Posyandu.

“Yang jadi perhatian kita saat ini yakni peningkatan layanan kepada masyarakat. Mulai dari layanan administrasi hingga layanan kebutuhan masyarakat di desa lainya. Bahkan petani juga menjadi perhatian,” kata suami dari Ana Kumala Sari ini, saat dibincangi wartawan, Kamis (6/2/2020).

Mengapa petani menjadi perhatian, disadari Ipan Suri, Desa Padang Bindu rata-rata masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani. Bahkan bisa dikatakan petani talang, yang membutuhkan infrastruktur jalan yang memadai.

Agar hasil pertanian mudah diangkut, dirinya berencana akan meningkatkan infrastruktur seperti perbaikan jalan. Lebih dari itu, dirinya juga akan menggiatkan lagi usulan-usulan bantuan untuk petani dan peningkatan pembinaan SDM bidang pertanian

“Pastinya bukan hanya mengandalkan anggaran desa saja. Banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Pertanian di Kabupaten OKU. Jadi kita juga ke depan harus lebih aktif untuk menjemput bola. Sebab banyak program-program pemerintah yang bisa kita manfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat,” kata pria berusia 42 tahun ini.

Tidak kalah penting, kata Ipan Suri, ke depan layanan terhadap masyarakat harus ditingkatkan. Misalnya, mempermudah dalam pengurusan administrasi. Seperti pengurusan, KTP, KK, akta kelahiran dan sebagainya. Sesuai motonya, “Yang sudah bagus di baguskan lagi, yang kurang ditambah. Yang belum ada akan diadakan.”

“Hal seperti ini sebenarnya ringan, namun layanan cepat dan mudah sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Ini akan kita wujudkan sehingga kebutuhan masyarakat bisa terlayani dengan baik dan maksimal,” ucapnya.

Untuk itu, Ipan Suri meminta dukungan dan doa dari keluarga dan masyarakat di Desa Padang Bindu. Dia meyakini dengan dukungan doa dari semua pihak apa yang diharapkan dan di cita-citakan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di desa bisa terwujud.(rws)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *