Rampungkan Data Misbar, Pemkab OKI Siapkan Bantuan Rp600.000 Per KK

IMG_20200417_113745

Kayuagung, Sriwijaya Media-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI akan memberikan bantuan tunai langsung (BLT) kepada masyarakat miskin baru (misbar) berupa uang tunai Rp600.000 per kepala keluarga (KK) selama tiga bulan dimulai April hingga Juni 2020.

Saat ini, Dinas Sosial (Dinsos) OKI masih melakukan verifikasi dan validasi warga yang termasuk dalam kategori misbar. Ditargetkan pendataan ini rampung satu pekan kedepan.

Bacaan Lainnya

“Mereka yang masuk kategori misbar atau diluar program keluarga harapan (PKH) dan program sembako dari kementerian sosial akan diberikan bantuan Rp600.000 per bulan per KK selama tiga bulan. Mudah-mudahan pekan depan data penerima rampung,” kata Kepala Dinsos OKI, Reswandi, Jumat (17/4/2020).

Dia mengklaim saat ini data sementara misbar OKI baru menyentuh agregat 56.751 KK dan berpotensi terus bertambah seiring dengan pendataan yang dilakukan.

Disinggung berapa alokasi dana disiapkan pemerintah terkait bantuan uang tunai tersebut, kata Reswandi, pihaknya belum bisa memastikan besaran dana disiapkan.

Namun dipastikan pendanaan untuk warga terdampak covid-19 dilakukan dengan sistem sharing.

Tercatat ada sekitar 250.000 KK di 17 kabupaten dan kota di Sumsel bersiap menerima bantuan tunai dari Kementerian Sosial.

“Tinggal OKI berapa yang mendapat bantuan, tergantung dari finalisasi data yang kita lakukan,” jelasnya.

Dia berharap masyarakat yang belum masuk datanya di bantuan manapun serta memenuhi kriteria baru akan dimasukan dalam data penerima bantuan dari pemerintah daerah.

“Kami selektif mengolah data, jangan sampai mereka yang sudah masuk dalam bantuan lain kembali mendapat bantuan. Ini yang kuta hindari,” tuturnya.(abu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *