Sasar Objek Wisata Awi Leuga, Polres Majalengka Sosialisasikan Penanggulangan Karhutla

IMG_20200825_164945

Majalengka, Sriwijaya Media-Polres Majalengka Polda Jawa Barat (Jabar) kembali menggelar sosialisasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tahun 2020, di lokasi TNGC Awi Lega Desa Bantaragung Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka, Selasa (25/8/2020).

Kegiatan sosialisasi tersebut dipimpin Kapolres Majalengka Dr Bismo Teguh Prakoso melalui Kasat Sabhara Polres Majalengka AKP Erik Riskandar didampingi Kapolsek Sindawangi Iptu Udiyanto dan dihadiri Camat Sindangwangi, Danramil, Kepala BPBD, aparat desa, TNGC, linmas dan Masyarakat Peduli Api (MPA).

Bacaan Lainnya

Kasat Sabhara AKP Erik Riskandar mengatakan, saat musim kemarau di wilayah Kabupaten Majalengka, khususnya di Kecamatan Sindangwangi berpotensi terjadinya karhuta. Namun pihaknya berharap upaya antisipasi dan penanggulangan karhutla tetap harus dilakukan secara bersama-sama.

“Berkaca pada pengalaman karhutla tahun 2019 lalu, sejumlah kecamatan di Kabupaten Majalengka sering terjadi karhutla, seperti Kecamatan Rajagaluh, Sindangwangi dan Kecamatan Argapura,” kata Kasat.

Kasat melanjutkan dalam sosialisasi ini, pihaknya memberikan pemahaman kepada pengelola objek wisata Awi Leuga Desa Bantaragung tentang larangan membakar hutan sesuai dengan perundang undangan berlaku.

Bahkan sebelumnya, sosialisasi dilakukan ke lokasi Bupper Cidewata Sadarehe Desa Payung Kecamatan Rajagaluh, dan Objek Wisata Pendakian Berod Desa Argamukti Kecamatan Argapura.

“Kami mengajak warga agar peduli dan bijaksana dalam melihat kondisi musim kemarau saat ini dengan tidak melakukan pembakaran lahan dan selalu memperhatikan risiko yang terjadi nanti,” jelas Kasat.

Selain sosialisasi, pihaknya juga memberikan bantuan berupa torn berkapasitas 5.000 liter kepada pengelola Objek Wisata Awi Leuga Desa Bantaragung Kecamatan Sindangwangi dan 10 rangsel air kepada bhabinkamtibmas, babinsa, linmas dan MPA.

Usai sosialisasi, Kasat Sabhara Polres Majalengka AKP Erik Riskandar beserta anggota langsung melakukan pengecekan ke beberapa lokasi yang berpotensi titik api di sekitaran Objek Wisata Awi Leuga Desa Bantaragung yang berada di kaki Gunung Ciremai. (Imam)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *