100 Peserta Didik Baru SMAN Sumsel Dibekali PLSA Secara Daring

IMG_20210716_212632

Palembang, Sriwijaya Media – Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Sumsel mencatat ditahun ajaran baru 2021/2022 ada sekitar 100 peserta didik baru mengikuti kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah dan Asrama (PLSA) secara daring.

Kegiatan tersebut berlangsung mulai dari 13 hingga 16 Juli 2021.

Bacaan Lainnya

“Selama 4 hari tersebut, para peserta didik baru diperkenalkan dengan sistem pendidikan di sekolah dan asrama agar peserta didik memahami kehidupan dan kegiatan pembelajaran di SMAN Sumsel dengan baik,” kata Kepala SMAN Sumsel Iswan Djati Kusuma, S.Pd.,M.Si., Jum’at (16/7/2021).

Dia berpesan kepada para peserta didik baru untuk selalu bersemangat dan tidak menyerah dalam menggapai mimpi dan selalu bersyukur dengan apa yang telah dicapai hingga saat ini.

“To our new students, be happy to join this activity and welcome to our family,” ujarnya.

Dia menjelaskan di hari pertama dan kedua PLSA diisi dengan kegiatan perkenalan sistem sekolah dan asrama.

Beberapa guru memberikan materi yang penting bagi seluruh peserta didik untuk mengenal tentang sekolah, mulai dari penjelasan mengenai profil sekolah, program-program sekolah.

Seperti program utama, program akademik, school branding, mengenal fasilitas sekolah, sistem belajar daring, sistem protokol kesehatan yang harus dipatuhi di asrama, dan cara mengatasi stres selama belajar secara daring.

“Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab. Semua peserta didik baru diperbolehkan mengajukan pertanyaan kepada para pemateri yang sebelumnya sudah memaparkan materi,” tuturnya.

Selanjutnya, dihari ketiga dan keempat, diadakan kembali sesi perkenalan aspek-aspek lain yang ada di SMAN Sumsel, mulai dari peraturan sekolah dan asrama, penjelasan tentang ekstrakurikuler di sekolah.

“Ya, ada sesi konseling dengan konselor sekolah, program-program ke peserta didik, peRkenalan gedung sekolah, organisasi sekolah seperti Student Council dan Class Union, sesi perkenalan asrama, dan House Choosing,” terangnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan SMAN Sumsel Eko menambahkan sebelum peserta didik baru memulai kegiatan PLSA, telah dilakukan pembekalan kepada peserta didik mengenai apa saja yang harus dipersiapkan, jadwal, mekanisme kegiatan, gambaran kegiatan selama 4 hari pelaksanaan melalui kegiatan pra-PLSA yang dilaksanakan pada Senin, 12 Juli 2021.

“PLSA tahun 2021 ini masih dilakukan secara daring karena masih dalam situasi pandemi. Dalam pelaksanaan kegiatan, para peserta didik diberikan jadwal mulai dari bangun tidur hingga malam hari sebelum kembali tidur,” jelasnya.

Dia menyebutkan konsep PLSA sendiri yakni sekolah mencoba membekali peserta didik mengenai hal-hal yang perlu diketahui tentang sekolah, budaya sekolah, dan kehidupan berasrama.

“Melalui PLSA secara daring juga sekolah mencoba mengkondisikan peserta didik yeekait bagaimana atmosfer suasana asrama agar bisa juga terasa di rumah peserta didik,” akunya.(ton)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *