Upacara Peringatan HUT RI ke 76 di Kabupaten Muara Enim Digelar Sederhana

IMG_20210817_132508

Muara Enim, Sriwijaya Media – Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 76 di Kabupaten Muara Enim digelar secara sederhana dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 secara ketat, Selasa (17/8/2021).

Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H Nasrun Umar (HNU) bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dengan Komandan Upacara Mayor Inf Zeri Mandani (Gomil Gol VI Rindam II/SWJ), dan Perwira Upacara Kapten Arm Broto Santoso (Pasi Pers Kodim 0404/ME).

Bacaan Lainnya

Sementara pembacaan teks UUD 1945 dibacakan Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki dilanjutkan pembacaan do’a oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat.

Kemudian Desinta Putri Maharani, siswi SMA Negeri 2 Muara Enim bertugas sebagai pembawa baki yang selanjutnya diserahkan kepada pengibar bendera M Al Hadi Rivan dari SMK Bina Mulia, M Tegar Ramadhan dari SMA Negeri 1 Unggulan Muara Enim dan Radja Natael Sembiring dari SMA Negeri 1 Unggulan Muara Enim.

“17 Agustus dapat kita maknai sebagai hari bersejarah dan sangat berarti bagi kita semua. Sebagai anak bangsa, kita wajib setiap tahun memperingatinya bertujuan untuk meningkatkan semangat nasionalisme, semangat kebangsaan, dan juga meningkatkan rasa tanggung jawab kepada bangsa, dan negara RI,” kata Pj Bupati Muara Enim HNU.

HNU mengharapkan peran anak-anak muda sebagai penerus tongkat estafet kepemimpinan agar dapat mengisi kemerdekaan dengan hal positif, dapat membakar jiwa nasionalisme dan meresapi perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa dan negara.

Terkait pandemi Covid-19, HNU mengajak semua untuk optimistis dan bersama-sama menghadapinya dengan menekankan disiplin prokes.

“Kita harus optimistis, bangsa kita adalah bangsa besar yang sudah terbiasa menghadapi situasi sulit, sekalipun sebagaimana saat pahlawan kita menghadapi kesulitan di masa lampau. Sekarang pun kita harus bisa menghadapi kondisi pandemi Covid-19 dengan satu kata kunci yakni kebersamaan,” terang HNU.

HNU berharap semoga diusia ke-76 tahun, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akan semakin maju dan selalu berjaya, Indonesia Maju, Indonesia Tumbuh, dan Merdeka.

Usai pelaksanaan upacara di Lapangan Kantor Pemkab Muara Enim, dilanjutkan dengan pemberian santunan dana kehormatan kepada para veteran Kabupaten Muara Enim.

Tepat pukul 10.00 WIB, Pj Bupati Muara Enim beserta unsur Forkopimda Kabupaten Muara Enim langsung mengikuti secara virtual upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, di Ruang Rapat Pangripta Nusantara, Kantor Bappeda Muara Enim. (kiki)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *