Pantau Karhutla, Dandim 0402/OKI Patroli Melalui Udara

IMG-20210917-WA0131

Kayuagung, Sriwijaya Media- Komandan Kodim (Dandim) 0402/OKI Letkol CZI Zamroni, S.Sos., dan Kasdim 0402/OKI Mayor Chk Ernanda Laksanawan, SH., MH., bersama tim PT Sinar Mas Group Mares Prabadi Fire Operation Management (FOM) Head-Regional Palembang PT Bumi Andalas Permai (BAP) melaksanakan patroli udara dalam rangka pencegahan kebakaran hutan, dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten OKI, menggunakan helikopter milik PT Sinar Mas Group, Jum’at (17/9/2021).

Dandim 0402/OKI Letkol CZI Zamroni, Sos., mengatakan bahwa kegiatan patroli udara ini dilaksanakan sekitar 1 jam guna memantau dan memastikan titik-titik api di wilayah Kabupaten OKI dan Ogan Ilir (OI).

Bacaan Lainnya

“Alhamdulilah pada saat patroli udara tadi disebagian wilayah yang dilewati turun hujan, terutama di wilayah Kecamatan Pedamaran Timur OKI,” kata Dandim.

Berdasarkan hasil pantauan udara, kata Dandim, titik api di OKI dan OI sudah menurun drastis. Namun masih terdapat beberapa titik api yang berskala kecil dengan lokasi yang cukup sulit dijangkau.

Dandim mengaku pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan penanggulangan karhutla.

Untuk itulah, Kodim 0402/OKI bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polres dan instansi terkait lainnya terus melakukan patroli ke titik-titik rawan karhutla. Termasuk mengedukasi masyarakat agar sama-sama menjaga lahan dari bahaya karhutla dan tak membuka lahan dengan cara dibakar.

“Masyarakat yang mengetahui adanya karhutla bisa menginformasikan ke Satgas Karhutla, baik Kodim, Polres dan BPBD maupun instansi terkait lainnya. Saya berharap kita terus melakukan kegiatan ini dengan rutin, minimal satu bulan sekali dengan bergerak bersama dengan Tim Satgas,” jelas Dandim.(Luk)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *